Dapat Uang dari Menulis Artikel #Freelancer

Ini adalah rubrik baru di channel youtube Isah Kambali. Yes, rubrik Freelancer. Awalnya karena banyak pertanyaan yang mampir ke saya bagaimana caranya untuk mendapatkan uang saat kita memilih menjadi seorang freelancer.

Profesi freelancer atau pekerja lepas sekarang ini tidak lagi menjadi dominasi orang tertentu. Semua bisa masuk ke ranah profesi freelancer. Asal punya skill, kemauan dan dedikasi tinggi kepada pekerjaan insyaallah peluang ini terbuka lebar. Hanya saja diperlukan sedikit kedisiplinan dan mengerti pasar agar jasa yang kita tawarkan dapat diterima.

Sebelum masuk lebih dalam, saya akan share sedikit beberapa skill freelancer yang saya kuasai. Bismillah semoga teman-teman mendapatkan gambaran dan tahu bagaimana untuk memulai dan belajar dari mana. Berikut adalah skill yang saya kuasai:

  • Menulis artikel, artikel original dan tidak copy paste adalah skill awal saya. Dari 2014 skill ini yang menolong saya untuk masuk ke dunia digital melalui job menulis artikel. Saya masih ingat betul awal 2014 saya diminta mengisi suatu web gadget untuk menulis tentang perkembangan gadget seminggu 3x dan sayangnya saat itu karena “masih lugu” jadi saya tidak menerima bayaran atau timbal jasa selama 3 bulan disana. Jujur saat itu ingatnya hanya menciptakan portofolio dan belajar jadi penulis web saja. Kalau dapat uang alhamdulillah, kalau engga maka saya harus cari uang ditempat lain.
  • Bikin website. Yes, saya juga membuka jasa pembuatan website. Skill ini dipelajari pelan-pelan dari beberapa teman dan pengajar baik online maupun offline. Alhamdulillah bisa membuat website untuk klien pertama di tahun 2014. Rasanya super deg-degan karena belum mahir sama sekali, alhamdulillah klien terpuaskan jadi bisa dijadikan portofolio saya yang pertama dalam dunia jasa pembuatan website.
  • Admin website.

  • Admin sosmed. Tidak jauh dengan poin 1, ini malah lebih awal sejak 2013 saat booming-boomingnya twitter. Jadi mimin yang alay alhamdulillah bisa menambah pundi-pundi penghasilan menjadi pekerja lepas.
  • Desain konten sosmed. Mulai dari buat konten sosmed instagram, facebook dll
  • Analisa sosmed. Ini adalah job social media analyst saya sudah share penjelasannya di youtube apa itu social media analyst
  • Konsultan digital branding dan community manager. Next akan saya bahas profesi ini lebih detail

Nah, semua pekerjaan diatas ga jauh dari dunia digital marketing. Jadi bisa ditarik kesimpulan skill yang harus saya kuasai adalah skill digital marketing dan turunannya. Oke, berikut ada beberapa video yang bisa Anda tonton jika ingin mendalami profesi digital marketing atau freelancer. (next akan saya update beberapa penjelasan mellaui video ya)

(Dilihat 48 times, 1 visits today)

1 thought on “Dapat Uang dari Menulis Artikel #Freelancer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *