Apakah Menulis Artikel Dibayar?

Saya ijin coba menjawab. Kebetulan saya juga berprofesi sebagai penulis artikel. Ada yang join di beberapa web, ada juga yang mandiri menjual jasa saya sebagai penulis artikel secara mandiri melalui website kami.

Untuk menulis artikel (tepatnya saya menulis via platform yang mengumpulkan para penulis/freelance, dan membuat backlink untuk para klien). Sedangkan yang manual saya lakukan pribadi adalah menawarkannya via website kami isahkambalicom dan beberapa web lainnya.

Biasanya calon klien menemukan kami via Google Search, sosmed dan channel lainnya. Untuk harga yang ditawarkan sudah turun lebih jauh dibandingkan beberapa tahun lalu. Karena suka tidak suka kita mengikuti market apalagi ditengah gempuran AI (Artificial Intelligence).

Alhamdulillahnya, kami memang sudah terbiasa menulis artikel original dan SEO Friendly jadi selalu ada market yang sesuai. Tim penulis yang memang rata-rata adalah ibu dengan berbagai profesi yang menyalurkan hobinya. Ada yang kepala sekolah, ada yang konsultan, ada yang sembari kuliah S2, ada yang seller bahkan mahasiswa.

Malah dulu ada tim yang tinggal di Prancis, dan menulis artikel adalah menyalurkan hobi serta menambah tabungan untuk transfer ke rekening orangtua.

Skill apa saja yang dibutuhkan Penulis Artikel ?

* Skill menulis artikel, hal ini wajib. Saya lebih suka dengan background mereka adalah orang-orang yang suka menulis dan bisa dilihat dari keaktifannya saat kuliah yaitu suka ikut lomba kepenulisan atau karya tulis ilmiah. Hal ini berdasarkan pengalaman saja, mereka yang sudah terbiasa ikut lomba sudah biasa pula untuk melakukan riset, membaca jurnal, dan memilih kata yang enak dan gampang dipahami.

* Skill SEO basic. Hal ini biasanya kita training terlebih dahulu selama 1–2 minggu agar sinkron dengan kebutuhan klien. Saya share via Whatsapp group agar tim bisa menyimak dan belajar.

* Siap deadline. Underpressure itu adalah pasti, dan mereka harus siap untuk ditagih dengan cepat. Makanya perlu tim lebih dari 3 orang agar bisa digilir dan melihat siapa saja yang available dan siap setor artikel dalam hitungan hari. Untuk mereka yang sedang sibuk, biasanya tidak ambil job dan menyerahkan ke mereka yang sedang longgar.

* Siap revisi. Hal ini jarang terjadi, tapi harus siap dengan revisi dari klien. Ga baper-baper club. Karena kita service klien
Kami open semua niche alias tema kepenulisan karena background kami macam-macam.

Saya – background pertanian, bisa handle tulisan pertanian, bisnis, tekno, startup, crypto, health (karena handle Fanspage 21rb health)
Tim ada yang background edukasi, lingkungan, bisnis, parenting

So, untuk teman-teman yang mau mulai masuk dunia penulis artikel monggo, feel free untuk diskusi. Menulis itu bisa, menulis itu karena ada passion plus terpaksa.

(Dilihat 46 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *