Optimasi WA Group

Startegi Marketing Untuk Membangun Bisnis Anda dengan WhatsApp Group

Cerita dan Inspirasi

Ini artikel ke-2 saya yang membahas tentang fenomena whatsapp group. Fenomena yang menjadi rujukan saya dan saya alami juga untuk kemajuan bisnis. Whatsapp group tentulah kita sering menggunakannya baik secara dengan sadar membuatnya atau ada salah satu teman kita yang meng-invite kita ke group tertentu. Gaya seperti ini sudah lumrah terjadi.

Sebenarnya kita mempunyai stock banyak metode dan strategi marketing yang handal, dan menurut saya secara garis besar konsepnya dari tahun ke tahun hampir sama. Dan yang kali ini bakal kita dalami dan teliti adalah Whatsapp group. WA Group ini begitu menjamur, saya sendiri join WA group ini hampir lebih dari 20 atau 30 group . Ada yang fokus membahas tentang bisnis, edukasi, parenting dan seterusnya. Lalu, ada berpikir “itu bagaimana HP nasibnya ? Tenang… HP saya only berisi group dan tidak banyak foto atau video sendiri. Saya mensiasati setiap bulan dengan melakukan backup dan restart HP, hihihiiii karena jujur saja banyak WA group, LINE, Telegram dan banyak channel-channel lainnya yang saya optimalkan.

So, hari ini saya akan fokus membahas tentang WA group tentunya dengan cara pandang saya. Kalau boleh saya simpulkan WA Group itu penting bahkan penting bingit, kenapa ?

  1. Sebagai saluran penghubung antara saya dengan customer, bahkan dengan mereka yang tertarik dengan bisnis saya.
  2. Networking , saya akui dengan mengikuti dan join WA Group Networking saya semakin luas. Saya bisa silaturahim dengan banyak pihak dan bahkan bekerjasama dengan mereka melalui jalan WA group.
  3. Banyak mendapatkan ilmu, WA Group yang baik itu tidak melulu tentang kita atau anggotanya, tapi WA group akan fokus kepada VALUE untuk seluruh anggota. Karena ilmu dan tips-tips inilah saya secara pribadi jadi sangat betah berada di WA Group. Karena group ini bernilai dan memberikan nilai tambah kepada saya pribadi.

Nah, setelahm kita mengetahui pentingnya dan bernilainya sebuah WA Group, selanjutnya adalah bagaimana  Strategi kita memaksimalkan tools ini. Berikut 7 Startegi ala saya untuk memaksimalkan WA Group menjadi sesuatu yang ZUPER:

  1. Perbanyak list friend kita di WA, yap… semakin banyak list friend anda maka akan semakin mudah untuk anda menginfokan tentang sesuatu. Tawarkan pada friend kita apakah mereka mau bergabung dengan WA group itu, dan yang pasti HARAM Hukumnya kalau menginvite seseorang tanpa persetujuan yang bersangkutan. Kenyamanan friend kita tetap menjadi prioritas, jangan sampai anda dilaporkan atau di block karena suka meng-invite seseorang secara membabi buta.
  2. Berikan Value (baik info ataupun tips), anda dapat mulai memberikan value berupa kelas-kelas rutin tiap satu minggu sekali. Jika anda seorang pebisnis mungkin anda akan share tentang tips-tips bisnis, jika ada mempunyai fokus di bidang parenting, tentu anda dapat membuat WA Group dengan fokus di all about parenting. Begitu dan seterusnya
  3. Buat WA Group, buatlah WA Group yang spesifik membahas satu bidang saja, karena orang akan berkumpul jika memiliki minat atau ketertarikan yang sama. Jika terlalu general maka ini akan menyulitkan anda.
  4. Join WA Group, selain anda membuat WA Group sendiri, alangkah baiknya anda juga join WA Group diluar nda sebagai adminnya. Ini sangat bagus untuk memperkuat networking anda.
  5. Siapkan 10 orang untuk ADMIN di WA Group anda dengan detail tugas sebagai berikut (3 orang admin yang bertugas untuk meng-invite dan mengumumkan bahwa ada WA Group A ke berbagai sosial media dan tools lainnya, 2 orang yang fokus untuk menyapa anggota di pagi, siang dan malam hari, 3 orang yang fokus untuk menjalin silaturahim dan interaksi antar anggota, 1 orang sebagai orang yang manjadi RULES n Regulator, lalu yang terakhir 1 orang expert yang akan share tentang tips-tips yang dibutuhkan oleh anggota). Prinsip dasar 10 orang ini sangat flexible terutama bagi kita yang pemula. Jika karakter kita memang suka berbicara dan interaksi tentunya hanya dengan 3 sampai 5 orang saja sudah cukup.
  6. Scheduling waktu anda, scheduling kapan waktu dan jam kita akan belajar dan berdiskusi bersama. Saya sarankan agar itu diambil jam 20.00 sampai jam 22.00 WIB. Asumsinya adalah karena waktu-waktu ini anggota sudah relatif lebih santai dan bukan pada jam kerja.
  7. Konsisten, anda perlu konsisten untuk memberikan VALUE dan menjaga interaksi didalamnya.

Ya berikut 7 Strategi Marketing untuk membangun bisnis anda dengan menggunakan whatsapp group. semoga bermanfaat. Dan jika ingin bergabung dengan WA Group saya monggo dipersilahkan, WA saya di 083837060702. Terimakasih

 

Baca juga:

Whatsapp group antara chit chat dan akselerasi bisnis

(Dilihat 1,562 times, 3 visits today)

One thought on “Startegi Marketing Untuk Membangun Bisnis Anda dengan WhatsApp Group

Leave a Reply