Suasana PR Kelas Internet Marketing

Serunya Menjadi Dosen di Kampus Bisnis Umar Usman – Jakarta

Cerita dan Inspirasi

Yap, bulan Februari saya resmi menginjakkan kaki lagi ke kampus ini, kampus bisnis umar usman – jakarta. Ini adalah tahun ke-2 saya diamanahkan menjadi dosen mata kuliah Internet Marketing, lebih banyak ngulik tentang bisnis online dan bagaimana agar produk dari mahasiswa-mahasiswa menjadi halaman 1 Google. 

Ya, kampus ini adalah tidak seperti kampus-kampus lain,dengan format pendidikan 1 tahun dan fokus menjadi pengusaha dengan nilai-nilai seperti sahabat umar dan usman, semuanya berasa roh semangat mereka. Tapi, tantangannya juga lumayan, kalau bahasa ala saya “seru dan banyak hikmah”.

Bact to materi internet marketing yang saya sharing, saya memulai dengan membahas materi “Internet Marketing Research”. saya mengulik banyak tentang apa sih bisnis online, ada ga peluangmu di online, berapa kompetitormu, apa keyword yang orang ketikkan jika dia ingin membeli produk seperti yang kau jual, bagaimana trend nya, bagaimana merumuskan strategi marketing dan bagaimana mengukur kemampuanmu agar tepat sasaran dan tidak asal tembak. Ya, semuanya dibahas di materi pertemuan pertama.

Setelah mereka mengetahui detail tentang internet marketing research (IMR) selanjutnya adalah saya meminta mereka untuk membuat 30 blog dalam waktu 5 hari menggunakan keyword yang sudah mereka RISET. What ??? 30 blog untuk kelas pemula adalah hal yang ngeri-ngeri sedap, tapi suka tidak suka harus mereka kerjakan. Kenapa 30, karena saya ingin mahasiswa-mahasiswa mulai pelan-pelan tumbuh rasa percaya dirinya, mulai yakin bahwa mereka tidaklah GAPTEK seperti yang mereka pikirkan. Hmmm.. mana ada orang gaptek bisa buat 30 blog dalam waktu 5 hari, yang benar saja… ???

Dan bagaimana hasilnya ? Taraaa… mereka 90% berhasil mengerjakan meski dengan ngos-ngos-an, ah saya terharu. Mereka sudah melewati tahap kesuksesan pertama yaitu rasa percaya diri, bahwasanya mereka tidaklah GAPTEK, mereka bisa mengerjakan ini semua, dan selanjutnya saya berikan PR membuat 20 konten artikel dalam waktu kurang 24 jam, sekali lagi mereka dipaksa untuk menanggalkan rasa tidak percaya diri, saya mulai menemui wajah-wajah yang optimis, wajah-wajah yang yakin dengan bisnis online, wajah-wajah calon pengusaha muda yang kaya, berlimpah, berkah dan bermanfaat, saya menghela napas…. ada sedikit doa yang saya panjatkan, “semoga, kelak…. mereka membantu lebih banyak, dan kelak…ilmu yang secuil ini akan menjadi saksi-saksi bahwa saya pernah bermanfaat”. Semoga…

Materi blog, artikel dan senin depan adalah materi youtube marketing, saya padatkan materi ini, saya presss dan saya tingkatkan speed… saya butuh daya dongkrak lebih besar, butuh lebih banyak bukti, agar wajah-wajah itu yakin dan sadar bahwa mereka tidaklah gaptek. Dan saya juga belajar banyak dari mereka, karakter yang berbeda-beda, yang pendiam, yang heboh dikelas, yang suka tidur, dan yang hobinya berapa menit sekali ke toilet…. saya melihat dengan jelas, waktu kejayaan akan segera datang, kejayaan para pengusaha yang santun akan tiba, insyaAllah… 2 sampai 5 tahun lagi mereka siap berkarya lebih luas.Ini adalah saatnya kita semua Melek Internet, saatnya menggunakan internet dengan bijak… saatnya bermanfaat , aamiin.

Baca Juga:

Dosen Tamu di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia 

Tips Memulai Bisnis Online Untuk UKM

(Dilihat 229 times, 1 visits today)

One thought on “Serunya Menjadi Dosen di Kampus Bisnis Umar Usman – Jakarta

Leave a Reply