Salestock indonesia

Salestock Indonesia Bikin Saya Deg-Degan !

Uncategorized

Ini pertama kalinya saya dibikin Deg-Degan sama salah satu marketplace yaitu Salestock Indonesia. Profesi saya yang digital marketing saat diberi info kalau ada visit ke office mereka paling ya cuma visit, cerita produk, narsis, makan siang dst. Tapi, kali ini agak tamparan keras, lebih tepatnya tertegun. #Gila .

Event yang diadakan oleh #ILDI atau Indonesia Lifestyle Digital Influencers yang digawangi oleh mba Nuniek ini seperti jebakan betmen buat saya pribadi. Kalau datang, takut buang waktu tapi kalau ga datang ya… penasaran. Alhasil di menit-menit terakhir saya malah datang dengan Pede tapi lupa koordinasi dengan mereka.

Salestock indonesia
Mas Lingga (Salestock) menjelaskan tentang VISI

Sebagai info, ini adalah pertemuan pertama saya dengan para blogger dalam sebuah wadah resmi, biasanya saya kumpul dengan mas-mas atau bapak-bapak IT yang pasti bahasnya coding. Berasa aneh pasti, mencari bahasan yang cocok dengan peserta yang hampir 90% adalah wanita (hihiii.. padahal saya juga wanita, tapi sepertinya terlalu lama kumpul dg para IT membuat saya agak aneh kalau ngomongin fashion, perlu diingat kunjungan #ILDI itu ke Salestock Indonesia dengan temanya #SuperAffordableStyle (jangan tanya juga artinya, awal-awal saya ngehang juga maksud kata-kata ini :D)).

Setelah mengamati agak lama, riset dulu lalu analisa (semoga mba nuniek dan temen-temen #ILDI ga shock baca ini, tapi semoga memakluminya) akhirnya saya bisa membaur dengan asyik, dan saya bilang itu sempurna. Dan, perjalanan ala-ala saya pun dimulai, mendarat dengan mulus menggunakan bus yang mengukur jalan dari jakarta hingga tanggerang, ya.. welcome to office Salestock Indonesia.

Kesan pertama menginjakkan, saya masih FLAT alias Biasa-Biasa saja. Ini mirip seperti office-office lain. Lalu masuk dan terpana.. tergoda.. aslinya bawaanya mau eksplore kesana kemari tapi jaim harus dijaga. Ini hasil saya guling-guling disana, ampun… ini mas Lingga dan Istrinya tiap hari makan apa yah ? kok bisa kepikiran begini, kok bisa ?

kaget salestock indonesia
Salestock Indonesia (ada mesin jahitnya langsung :D)
  1. Ternyata itu bukan sekedar OFFICE tapi Juga proses PRODUKSI , what mereka ternyata ada mesin jahitnya di office itu, ada kain bergulung-gulung, ada benang warna warni, dan itu bener-bener seperti sedang berkunjung ke konveksi manual. Kesan pertama adalah KAGET.
  2. Selanjutnya adalah HARGA, bener-bener bikin puyeng IDEnya mas lingga dan istri, Harganya asli MURAH. Kenapa bisa murah, karena ….? Mereka produksi sendiri, mereka desain sendiri, mereka menciptakan TREN sendiri. Dan, saya baru nemu salah satu marketplace besar yang punya otak nekat begini, tidak terbayang sama sekali bagaimana merchandising, orderan, payment, ekspedisi, belum lagi cek bahan dan Quality Control (hmmm ribet, kok mau ya mereka begitu, mereka sudah berhitung belum ya ? So, kesan kedua saya adalah NEKAT.
  3. Ga mengenal DISKON , hmmm.. akhir tahun saatnya perang diskon ini malah adem ayem, santai selow kaya dipantai, dan sekali lagi saya dibuat MIKIR… mereka itu bagaimana sieh pola bisnisnya, Ga DISKON nanti banyak barang Deadstock alias barang yang ga laku dan itu ngumpul di gudang. Mas lingga bilang bahwa mereka JUAL PRODUKNYA dengan HARGA JUJUR, harga apa adanya tidak over markup, dan yang paling keren adalah saat sesi presentasi mas lingga bilang kalau VISInya adalah ingin memberikan kesempatan SANDANG yang berkeadilan. Jadi, harga gamis A di jakarta 110rb ya harga gamis yang sama di indonesia timur juga 110rb, mau dimanapun kau berada kau bisa dapat UPDATE dan HARGA yang SAMA. Kesan ke-3 adalah #KREATIF
  4. GRATIS ONGKIR , yap gratis ongkir.. mau dijakarta atau di indonesia timur pun tetap gratis ongkir. yang penting kejangkau saja sama ekspedisi, asal hidupmu ga diatas pohon jadi babang ekspedisi masih bisa colek-colek. Kalau buat emak-emak gratis ongkir itu kaya oase ditengah gurun, lumayan ongkos kirimnya bisa buat beli lipen dan bocorannya juga ini bisa diretur kalau barang yang kita terima ada yang aneh, misal beli satu kok dikirim 5 (engga ding, retur iti biasanya karena ada kekurangan di QC, tapi ini biasanya dibawah 5-10%). Kesan ke -4 #MANTAP, dan
  5. Ini yang paling menyayat hati, mereka menggunakan AI, AI itu adalah Artificial Intelligence, apa itu ?. AI itu biasanya digunakan untuk perusahaan-perusahaan sekelas facebook, spotify dll. Teknologi ini dimanfaatkan untuk mengetahui perilaku konsumennya, sukanya apa, perilaku saat berseluncur di dunia maya dan memetakan kebiasaan konsumen. Nah, dari pemetaan inilah Salestock indonesia akhirnya tahu apa TREN BAJU, tahu apa yang IsahKambali suka, suka batik atau gamis, suka sandal atau jam tangan dan seterusnya. Lalu tujuannya apa sieh ? Tujuannya adalah otomatis agar TEPAT SASARAN, kalau bisnis kita tepat sasaran kan otomatis tingkat closing tinggi, cost dihemat karena ga usah stock barang berlebih, menentukan harga juga lebih mudah karena tidak lagi mumet dan paranoid kalau barangnya ga laku, dan karena inilah tidak diperlukan algi diskon akhir tahun atau diskon cuci gudang. So, kesan ke -5 saya.. Salestock Indonesia #SADIS.

So, wajar kalau mereka punya kelebihan seabreg karena mereka tahu benar MARKET nya dan METODE nya.

Ah.. terimakasih Mba Nuniek dengan #ILDIGathSalestock nya yang memberikan banyak IDE dikepala, dan terimakasih mas lingga dari Salestock Indonesia  yang punya produk dan visi keren, saya berasa terhormat sekali bisa belajar dan boleh guling-guling di officenya. Satu kesimpulan yang menurut saya ini COCOK untuk kita semua

Ketika kau melakukannya untuk orang banyak, maka langkahmu juga harus banyak. IDE mu harus luar biasa dan tindakanmu harus lebih GILA

 

Foto dari mbak Nuniek

(Dilihat 118 times, 1 visits today)

19 comments

Leave a Reply