Pentingnya Riset Internet dan Mengetahui Kompetitor Bisnis Online Kita

Konsultan Branding, Tutorial

Riset Internet dan Mengetahui Kompetitor Bisnis Online Kita itu wajib dan perlu. Ya.. saya sering berdiskusi dengan beberapa klien dan sahabat-sahabat yang terjun di bisnis online bahkan bisnis offline. Bisa dibilang ini adalah pangkal atau pondasi dari Bisnis Online Kita.

Riset internet sebenarnya dilakukan untuk mengetahui seberapa besar kebutuhan, peluang dari bisnis yang akan kita jalankan atau yang sedang kita geluti. Kita akan lebih tahu ‘Powernya’ bisnis kita dibanding orang lain. Jadi, kalau saya boleh berkesimpulan bahwa Riset Internet itu harusnya dilakukan oleh sipemain bisnis itu sendiri, bukan oleh saya atau konsultan Internet Marketingnya. Karena yang mengetahui dengan detail keyword atau kata kunci apa saja yang powerfull ya.. hanya kita sebagai sipemain.

Dari cara pandang saya sebagai seorang konsultan, saya mungkin hanya akan meriset keyword yang dipermukaan saja tidak mendalam seperti yang owner harapkan. Tenang, bisa kok disiasati dengan cara diskusi dengan si owner mengenai bisnisnya, dreamnya, tantangannya dll. Dan baru bisa kami rumuskan kebutuhan dari si owner. Ya.. begitu mungkin yang akan dilakukan seorang konsultan.

Setelah mengetahui apa hal-hal yang menjadi ‘power’ kita.. selanjutnya adalah mengetahui siapa kompetitor kita, apa metode yang mereka gunakan, apa tools yang mereka jalankan dan bagaimana cara mereka handling calon konsumen. Ya.. mapping ini sangat penting, agar kita tidak konyol dalam berjuang dan menyiapkan perlombaan. hihihii sama seperti kita akan berlomba lari.. kita perlu juga latihan, perlu juga pemanasan dan banyak tahapan-tahapan yang dilakukan oleh si atlet. So, untuk anda pebisnis online… step by step ala si atlet itu juga akan kita lakukan, kita siapkan THE REAL perlombaan itu sendiri. Mungkin, jika saya urutkan dalam tahapan akan menjadi seperti dibawah ini:

  1. Riset Internet untuk bisnis anda
  2. Cek Keyword unggulan anda
  3. Cek Power bisnis anda
  4. Cek Metode Bisnis Anda
  5. Cek Cara Handling Bisnis Anda
  6. Cek Kompetitor anda
  7. Cek Metode yang digunakan oleh kompetitor
  8. Cek Cara Handling Kompetitor anda dalam menghandle klien
  9. Rumuskan strategi

Ya.. 9 tahapan itu yang harus kita ketahui untuk merumuskan lagi bisnis online kita. Apakah bisnis online kita sudah siap tembur atau belum. (hihiihii.. artikel ini rada berat ya bahasannya, maafkan).  Berikut video tentang riset internet, anda dapat langsung pelajari:

Oh ya, atau jika ingin mengetahui lebih detail anda dapat mengunjungi LINK INI

Berikut Hasil Riset Internet dengan kata kunci “Bisnis Online”

 

Hasil Riset Internet Dengan Kata Kunci "Bisnis Online" Selama 12 Bulan
Hasil Riset Internet Dengan Kata Kunci “Bisnis Online” Selama 12 Bulan

 

Hasil Riset Internet Dengan Kata Kunci "Bisnis Online" Berdasarkan Kota
Hasil Riset Internet Dengan Kata Kunci “Bisnis Online” Berdasarkan Kota

 

Hasil Riset Internet Dengan Kata Kunci "Bisnis Online" berdasarkan DEVICE yang digunakan
Hasil Riset Internet Dengan Kata Kunci “Bisnis Online” berdasarkan DEVICE yang digunakan
Keyword yang berkaitan dengan kata kunci "Bisnis Online"
Keyword yang berkaitan dengan kata kunci “Bisnis Online”

Ya.. dari gambar diatas anda dapat mengetahui POWER bisnis anda, dan tenang Tools ini FREE, so silahkan mencoba dan praktek yah.. CEK Detail tentang bisnis anda dan Tentukan Powernya.. Sukses yaa.. Salam Saya +IsahKambali

Baca Juga:

Pelatihan Youtube Marketing Untuk UKM 

(Dilihat 340 times, 1 visits today)

3 comments

Leave a Reply