Dari Tulisan Bisa Bayar Kontrakan

Perkenalkan saya Isahkambali, cukup panggil saja mba isah. Saya seorang penulis tapi belum seperti bunda Asma Nadia yang karyanya sudah diterbitkan bahkan difilmkan dengan jumlah puluhan. Bukan pula seperti author-author disini yang mampu membuat puluhan episode tulisan bahkan berhasil dibukukan.

Saya hanya baru menulis dalam hitungan kata seperti: 300, 500 dan 1000 kata. Yes, saya penulis artikel yang berkarya via blog atau website. Tulisan saya lebih banyak bertengger disana. Tulisan saya juga sering dicopas, tidak sekedar dari penulis web melainkan secara masal via tools spinner artikel yang mampu memindahkan puluhan bahkan ratusan artikel dalam waktu yang sangat singkat. Mau tahu rasanya, rasanya sudah lelah karena sudah tahu siapa pelakunya. Ya.. teman-teman sendiri yang memang menggunakan tools untuk membangun kontennya dan didunia kami, hal ini menjadi lumrah dan biasa.

Jika dibandingkan teman-teman di KBM saya masih jauh dari sempurna. Belum bisa menulis berpuluh episode ala novel atau sekedar membuat cerita pendek yang bercerita kisah keluarga atau percintaan. Menjadi penulis di KBM itu sejatinya memerlukan skill dan konsisten yang luar biasa dan bonus mental yang harus siap ditempa oleh para pembaca setia. Dan saya sebagai pembaca gratisan menaruh respek besar ke mereka yang berusaha menyajikan karyanya secara terus menerus meski terkadang minim like dan apresiasi dilayar monitor.

penulis website

Balik lagi ke pembahasan menulis, sekedar berbagi informasi untuk teman-teman yang hobi menulis dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Banyak platform yang bisa kalian optimalkan.

Berikut akan saya share 3 jalur yang dapat dioptimalkan dan bisa buat bayar kontrakan.

1. Kalian bisa menulis di platform KBM yang sudah berupa aplikasi, atau platform-platform lain yang belum bisa saya mention disini dan menghasilkan uang dari banyaknya karya yang dibaca. Pembaca membaca karyamu, dan kamu mendapatkan penghasilan “pay per view”

2. Atau kamu bisa melirik google book yang juga menjanjikan penghasilan lumayan untuk setiap ebookmu yang laku terjual. Ini pengalaman teman-teman saya.

3. Atau meniti jalur seperti saya yang menulis diwebsite. Menulis artikel mulai 300 kata dan dibayar. Menulis artikel aneka tema dengan berbagai gaya bahasa. Tema kesehatan, hukum, pertanian, bisnis dll. Menulis sesuai request klien mulai dari 300, 500, 1000 kata atau sesuai order klien. Apakah ada marketnya ? Jawabannya ADA, saya sudah melakoni profesi ini sejak 2014. Insyaallah hasilnya bisa buat beli pulsa, makan, bayar kontrakan, jalan-jalan atau lainnya. Besarnya penghasilan tergantung dari brandingmu dan jumlah order artikel yang didapat. Apalagi jika kamu menuliskan karyamu dalam bahasa inggris, dipastikan kamu bisa mendapatkan penghasilan yang lebih lumayan.

Nah 3 jalur sederhana ini bisa loh buat jadi saluran penghasilanmu. Bisa buat beli pulsa juga bayar kontrakan. Semakin banyak tulisan yang dihasilkan, insyallah semakin banyak penghasilan.


Kamu bisa googling atau nonton video “bagaimana menjadi penulis artikel, bagaimana mendapatkan penghasilan tambahan dari menulis, dll. Pelajari caranya dan naikkan skillmu. Bismillah, tetap semangat.

 

KBM adalah group facebook “Komunitas Bisa Menulis)

 

foto pexels

(Dilihat 41 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *