Cara Tampil Rapi Selama Kelas Online Anda

Di masa pandemi Covid-19, ada banyak hal yang mengubah tatanan kehidupan sehari-hari, salah satunya dalam hal pendidikan. Agar kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung, dibutuhkan kegiatan daring atau dalam jaringan yang membutuhkan perangkat komputer dan koneksi internet yang stabil di rumah masing-masing.

Belajar dari rumah atau learning from home bukan berarti penampilan tidak dijaga, Anda harus berpakaian rapi dan menarik supaya mendapat nilai plus dari guru atau dosen di tempat Anda belajar. Tenang saja, artikel ini akan membahas berbagai cara yang dapat dilakukan agar Anda tetap rapi selama kelas online Anda berlangsung. Beberapa di antaranya adalah:

1. Berpakaianlah dengan Rapi dan Menarik
Cara mutlak agar Anda dapat berpenampilan rapi saat kelas online adalah dengan memakai pakaian yang rapi. Tidak perlu untuk berpakaian rapi secara keseluruhan, cukup atasannya saja yang ditonjolkan. Bila Anda seorang perempuan, gunakan berbagai jenis pakaian seperti blus, cardigan, kamisol, blazer, atau kemeja sesuai yang Anda inginkan. Bila Anda laki-laki, pilih saja kemeja yang rapi dan nyaman saat mengikuti kelas online.

2. Rias Wajah Supaya Terlihat Menawan
Menjadi hal yang sia-sia bila Anda berpakaian rapi namun lupa untuk merias wajah saat ingin mengikuti kelas online. Untuk itu gunakan berbagai peralatan kecantikan seperti bedak, eyeshadow, dan lip tint yang memiliki efek warna cerah.

Bila Anda tidak suka berdandan, Anda bisa hanya gunakan concealer yang digunakan untuk menutup kantung mata Anda yang hitam. Khusus Anda yang laki-laki, cukup bersihkan wajah dengan face wash dan pastikan kulit wajah Anda tidak kusam dan berminyak saat kelas online berlangsung.

3. Pastikan rambut Terlihat Bagus dan Teratur
Rambut juga menjadi bagian yang penting untuk bisa berpenampilan rapi. Gunakan shampoo, hair conditioner, dan berbagai perawatan rambut yang biasa Anda pakai supaya rambut Anda terlihat berkilau dan menarik.

Bila Anda yang berhijab, gunakan hijab yang dengan warna yang cerah dan tidak menutup bahu, supaya penampilan Anda menjadi kelihatan baik dan elegan.

Laki-laki ternyata juga harus menata rambutnya dengan rapi. Gunakan pomade agar rambut terlihat berkilau dan bila Anda sudah berjenggot, maka trim jenggot Anda agar terlihat rapi dan teratur.

4. Atur Pencahayaan Kamera
Pencahayaan yang salah dapat mengaburkan penampilan Anda saat sudah berdandan dan berpenampilan rapi. Supaya pencahayaan kamera baik, atur posisi meja Anda dengan tidak membelakangi cahaya atau jendela di dalam kamar.

Anda juga dapat melakukan trik pencahayaan kamera dengan menghindari pencahayaan berada di atas kepala, ini akan membuat bayangan yang buruk saat Anda menghadap kamera.

Untuk mengatasi masalah pencahayaan kamera, letakan saja perangkat komputer agar tidak terlalu dekat dengan jendela kamar, ini akan memunculkan cahaya matahari yang alami sehingga penampilan Anda terlihat natural.

5. Perhatikan Angle Kamera
Hal terakhir adalah angle kamera, yang berhubungan dengan sudut pandang dalam kamera perangkat komputer. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatur angle adalah dengan menumpuk buku di atas laptop atau perangkat komputer. Ini akan menciptakan posisi close up medium yang akan menampilkan bagian atas hingga bahu atau dada saat berada di depan kamera.

Angle yang baik juga dapat dilakukan ketika Anda memiringkan kamera ke bawah hingga sampai di titik kepala berada di tatapan layar. Setelah semua diatur, usahakan agar menatap kamera dan bukan menatap bagian atas perangkat komputer.

Catatan
Di balik penampilan yang rapi, hal yang penting dalam mengikuti kelas online adalah dengan menjaga suasana tetap kondusif. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengusahakan untuk berada di ruangan khusus. Tujuannya agar kelas online dapat akan berjalan lancar dan membuat Anda terhindar dari distraksi yang akan mengganggu.

Kelas online juga akan berjalan lancar ketika Anda menekan mute saat kelas berlangsung, Ini bertujuan agar tidak ada suara yang mengganggu ketika guru atau dosen sedang menerangkan materi yang diajarkan.

Itulah cara tampil rapi selama kelas online Anda, jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai peralatan dan pakaian yang dibutuhkan supaya Anda tetap rapi dan dinilai baik oleh para pengajar Anda.

(Dilihat 21 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *