Trik Menawar Gaji di Perusahaan Baru yang Bisa Dicoba

Tips menawar gaji di tempat baru adalah panduan yang bisa dilakukan oleh kamu ketika mendapatkan pekerjaan. Tentu yang ingin digaji lebih rendah dari sepantasnya? Pasti tidak ada, dong. Oleh karena itu, tahu cara negosiasi gaji adalah hal yang penting untuk kamu miliki.

Bernegosiasi mengenai gaji yang akan kamu terima sebagai pekerja yang profesional bisa dilakukan ketika kamu melakukan wawancara kerja. Namun, negosiasi kerja juga bisa terjadi di momen-momen tertentu ketika mendapatkan promosi jabatan. Bagaimana cara untuk melakukan negosiasi kerja sebagai seorang karyawan baru?

Tips Menawar Gaji di Tempat Baru

1. Negosiasi Dengan Tambahan Keuntungan

Pertama, kamu bisa meminta gaji lebih dari yang dijanjikan oleh perusahaan. Jika mereka tidak bisa memenuhi standar yang kamu inginkan, maka coba benefit lainnya.

Misalnya nih, kamu mengharapkan gaji 4 juta rupiah sebagai karyawan baru, namun perusahaan tidak bisa memenuhinya dan hanya bisa berikan gaji 3,5 juta rupiah, maka cari benefit lainnya seperti cuti, bonus insentif, work from home sesekali atau tambahan uang makan.

nego gaji perusahaan

2. Minta Naik Gaji Dengan Alasan Underpaid

Saat dalam tahapan wawancara dan kamu tahu kalau gaji yang perusahaan ternyata di bawah standar yang seharusnya, atau minimal UMK di daerahmu, maka beranilah untuk melakukan negosiasi. Kamu harus berhak untuk mengajukan gaji dengan penghasilan yang selayaknya.

Sampaikan bahwa perusahaan seharusnya bisa memberikan gaji sesuai standar minimal yakni UMK. Gaji underpaid bukanlah penghasilan yang layak untuk kamu dapatkan sekalipun seorang fresh graduate, apalagi jika perusahaannya sudah besar.

3. Sampaikan Skill Lain yang Kamu Miliki

Tips negosiasi tawaran gaji yang terakhir adalah dengan menyampaikan skill apa yang membuatmu menonjol dan dibutuhkan perusahaan. Sampaikan kepada perusahaan bahwa kamu punya skill di luar job desk yang dibutuhkan oleh pekerjaanmu dan mintalah mereka mempertimbangkan gaji yang akan diberikan kepadamu.

Salah satu skill menarik yang saat ini dibutuhkan oleh kebanyakan perusahaan adalah fluently in English. Kemampuan berbahasa Inggris karyawan dibutuhkan oleh perusahaan yang sedang berkembang, terutama di kancah global.

Kamu tidak punya skill bahasa Inggris yang bagus untuk melakukan tips menawar gaji di tempat baru? Tenang saja, kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa Inggrismu hanya di EF Adults. Dengan ditemani oleh mentor terbaik dan pengalaman, yakinlah bahwa kamu bisa menguasai bahasa Inggris dengan cepat.

(Dilihat 62 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *