Memulai Bisnis Laundry, Modal Kecil Based On Pengalaman Sendiri

Artikel kali ini akan bercerita tentang pengalaman saya memulai bisnis laundry. Mulai dengan modal seadanyaa, minim pengalaman dan mulai dari kepepet. Dan bertahan dari 2014 hingga sekarang. Alhamdulillah.

Usaha Laundry

Memulai bisnis laundry sebenarnya saat tahun 2012/2013 lalu karena keterbatasan saya pribadi yang paling malas kalau disuruh ibu untuk setrika. Kewajiban menyetrika baju pada hari minggu adalah menjadi PR tersendiri apalagi hari minggu bagi saya adalah hari bersantai. Yes, karena sering banget selisih paham sama ibu maka saya harus cari cara untuk terbebas dari kewajiban setrika. Dan solusinya saat itu adalah Laundry.

Saya mulai dengan menjadi agen laundry. Dulu, menjadi agen laundry sangatlah mudah yang penting adalah memasarkan, pickup plus anter. Tapi, aslinya adalah agar saya terbebas dari kewajiban menyetrika baju. Menjadi agen laundry pun saya lakoni sampai sebulan, karena laundry pusat agak lama pada pengerjaan dan waktu yang sedikit lebih lama maka akhirnya saya diskusi dengan ortu untuk buka laundry sendiri.

Dengan tanpa modal, ilmu pas-pasan akhirnya kami buka laundry. Materi desain promosi saya masih pakai powerpoint karena terbatasnya sumber dan pengetahuan. Saya mulai jemput bola setiap pagi sebelum berangkat kerja untuk ambil laundry dan sore hari setelah kerja di dinas untuk anter laundry.

Modal awal hanya: mesin cuci rumahan, setrika philips, beli plastik kresek, plastik bening dan nota dadakan. Perlahan mulai pelan-pelan saya gencarkan promosi.

Peralatan Laundry

Jika Anda ingin memulai laundry skala rumahan, maka peralatan yang dibutuhkan untuk membuka usaha laundry akan saya uraikan secara detail seperti dibawah ini:

  1. Mesin cuci 2 tabung (ini digunakan untuk pemula)
  2. Setrika, untuk Anda pemula dan masih memiliki biaya yang terbatas mungkin bisa untuk memilih menggunakan setrika biaya. Kami menggunakan setrika philips biasa tentunya mesti hati-hati saat menyetrika karena karakter kain itu berbeda-beda.
  3. Detergen, untuk detergen saya rekomendasikan untuk pakai yang sachetan agar mudah terukur plus juga bersih. Berdasarkan pengalaman kami menggunakan detergen laundry pabrikan atau kiloan, hasilnya masih kurang bagus dibanding sachetan. Disini saya pakai attack jazone yang per pcs hanya 1 ribu untuk cucian skala tabung 12 kg
  4. Sikat, kadang dibutuhkan untuk membersihkan area leher, ketiak dan baju bagian bawah. Gunakan sabun mandi/sunlight untuk noda yang agak memabndel
  5. Hanger, saya pilih hanger besi yang dijual dengan harga ecer. 15ribu dapat selusin. Atau jika baru memulai alangkah baiknya menggunakan hanger yang sudah ada.
  6. Timbangan manual atau digital sesuaikan dengan budget Anda.
  7. Plastik packing baik plastik bening berbagai ukuran atau kresek hitam
  8. Nota. Anda bisa mulai dengan membuat nota yang difotokopi karena budget yang masih terbatas. Nanti, kalau budget dan pelanggan sudah mulai banyak bisa membuat nota yang rangkap 2.

Selain itu kita juga perlu menyediakan materi promo laundry agar mearik pelanggan apalagi jika Anda baru buka usaha laundry. Dan yang penting, sering-sering lihat tutorial laundry di youtube ataupun join di group facebook yang bahas seputar laundry. Semakin kita sering belajar, maka otomatis kita akan upgrade skill dengan sendirinya.

Modal Buka Usaha Laundry

Jika berbicara modal bisnis laundry maka bisa dibilang mulai dari nol alias menggunakan barang yang ada dirumah. Tapi, jika kita hitung-hitung minimal dana yang disiapkan sekitar 200-300ribu dengan catatan kita sudah memiliki mesin cuci, setrika.

Yang paling lama menurut saya adalah membenahi mental dan niat mau usaha. Karena faktor ini yang lumayan krusial ketika kita mau buka bisnis laundry.

Jujur, bakalan kepikiran “apa kata ornag jika pegawai plus sarjana malah jadi buruh cuci?” Tapi, nyatanya job begini adalah helping people agar bajunya bersih wangi dan cepat serta efisien. lagian halal juga, ajdi hajar aja.

Jika dirasa masih ada yang bingung, bisa loh tinggalkan komentar didalam kolom komen atau whatsapp saya. Bismillah semoga kita bisa saling support

(Dilihat 149 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *