Memulai Bisnis “Lagi” Setelah Pindah Kota

Ini adalah cerita pengalaman saya yang baru saja pindah dari Bogor (Jabar) ke Brebes (Jateng) kampung halaman saya. Proses pindahan yang akan memulai semuanya dari nol lagi karena kami berdua kerja dan usaha dari rumah. Ini tidak mudah dan kami masih struggle untuk tetap tumbuh dna berkembang.

Pindah Kota

Saat dulu (2019-2024) kami stay di Bogor, dengan merintis usaha distributor bubble wrap. Lalu, saat Februari 2024 kami sekeluarga pindah kota ke Brebes Jawa Tengah yang notabene adalah kampung halaman saya. Proses pindahan tidak sekedar boyong barang dan berganti domisili. Melainkan saya juga harus mencari cara, metode, trik dan aneka rencana untuk survive di kota baru.

Meski saya asli Brebes, tapi karena sudah merantai 10 tahun lebih maka otomatis seperti memulai lagi dari nol. Saya dan suami full bekerja dan usaha dari rumah. Saya freelancer sebagai digital marketer, suami handle desain dan jualan bubble wrap. Oh ya, toko ATK (Alat Tulis Kantor) kamipun ikut dipindah.

Banyak sekali tantangan yang kami hadapi, seperti market yang belum siap atau kami salah strategi. Jarak jauh dari ibukota sehingga menyebabkan pengiriman barang jadi menambah biaya serta waktu plus suami belum dapat link truk atau armada yang bisa bawa barang dari Jakarta ke Brebes dengan harga yang hemat.

Daripada gundah gulana, overthinking dan seterusnya akhirnya saya memutuskan untuk balik ke dunia website dan SEO. Yes, dan curhatan ini saya tulis di status facebook saya, dan semoga bisa menjadi solusi untuk mereka yang mengalami proses pindahan.

Berikut status FB saya

pindah kota Bogor ke Brebes

Sedikit demi sedikit work


Alhamdulillah
Akhirnya artikel sudah mulai muncul di pencarian google

Sudah mulai mendatangkan customer
Meski pelanggan belum sebanyak ketika kami tinggal di Bogor tapi dengan modal di rumah aja, alhamdulillah #bubblewrapbrebes sudah mulai nongol cantik dan dicari customer

Untuk temen-temen yg mungkin punya usaha offline di rumah, mungkin bisa pakai cara kami


1. Buat artikel SEO tentang usaha Kita. Artikel yang menjelaskan tentang usaha Kita, sertakan foto product/jasa dan jangan lupa berikan nomor Hp. Syukur-syukur kalau bisa buat backlink dan bikin artikel lebih dari 1
2. Buat google maps dan mulai posting pelan-pelan. Lakukan Hal ini, dan pastinya rajin update di google maps
3. Buat akun Instagram marketing agar muncul di pencarian google. Gunakan nama usahamu dan kalau bisa buat satu akun lagi gunakan nama usaha brandingmu. Kami baru post sekitar 5-7 post Selama sebulan. Agak slow, Karena akun baru…takut over post yang ujungnya malah kesuspend
4. Mulai nyari kenalan orang lokal dan rajin update status WA. Untuk orang baru seperti saya, Hal ini jadi pr Karena kami harus menyesuaikan diri dan mulai kenalan ke beberapa tetangga lagi. Belum lagi kaya Suami yang agak bingung dengan logat ngapak

Nah…
Itu ikhtiarnya
Agar usaha Makin dikenal dan mulai banyak datang customer

Bismillah
Dikit lagi, semoga bisa mulai sama dengan omset saat menjadi distributor wilayah Bogor

Dan PR tinggal di daerah adalah tentang supply chain, tentang tingginya biaya delivery barang dari kota ke desa.

Semoga tips sederhana diatas bisa membantu teman-teman yang lagi riweuh pindah kota termasuk penyesuaian ekonomi. Oh ya, karena toko ATK kami omsetnya terjun bebas (lokasi di perumahan) akhirnya kami buka toko sembako mulai dari yang simple terlebih dahulu. Sekali lagi, kendalanya adalah mendapatkan supplier dengan harga yang bersaing.

(Dilihat 19 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *