Cerita Baru – Saya Jualan ATK

Ini adalah ritel yang enggan saya masuki lagi. Sesuatu hal yang agak trauma saat melakukannya. Tapi akhirnya saya balik lagi ke ritel. Pandemi mengajarkan banyak hal, dan kehamilan ke-2 ini juga membuat saya makin kreatif. Sudah hampir 7 tahun lebih tak bergelut ke ritel dan turun langsung.

Bismillah bulan juni kita mulai lagi. Salah satu alasanya adalah saya punya calon baby ke 2. Yes, alhamdulillah hamil lagi dan sekarang sudah menginjak 6 bulan. 3 bulan lagi insyaallah persalinan normal dan lancar (aamiin ya rabb).

Alasan ke 2 adalah karena saya dan suami mengajak orangtua saya tinggal bareng kami di Bogor. Selain menemani anaknya yang sedang hamil dan cucunya yang super aktif, saya ingin lebih dekat dengan mereka. Maklum dari dulu selalu ngekos, merantau dan berjauhan dengan mereka. Rasanya banyak waktu yang kurang untuk dekat dengan mereka. Saya ingin dapat momen-momen itu. Dan sekali lagi, orangtua sangat aktif, ga bisa diem, jadi tugas anak dan menantunya berpikir bagaimana agar mereka ada aktifitas disini. Mulailah kami berdiskusi aneka lini usaha yang harus dicoba.

cara mulai bisnis atk

Mulai jualan minum kekinian, jualan sarapan, catering tapi belum ada kata sepakat. Kami juga survei lingkungan, survei mark.et dan tentunya hitungan modal, hpp, kapan BEP. Sampai suatu momen dimana banyak banget yang cari lakban, cutter efek kami buka plastikbubblewrap dot com dirumah. Akhirnya pertengahan Juni, saya tercetus kenapa ga jua.lan ATK saja. Kebetulan depan rumah kami ada toko sembako, rumah juga ditepi jalan komplek perumahan. Kenapa ga langsung eksekusi saja.

Akhirnya kami diskusi dan sepakat
yes…kita nambah lini ATK (Alat Tulis Kantor) mulai dari ritel alias eceran. Ingin sekali masuk kedunia grosir tapi kami belum punya pengalaman maka mari kita mulai dari hal yang terkecil terlebih dahulu nyambi kita nyari link distributor atau pabrik. Yes, small action but big target. Mulailah perburuan price yang masuk akal, mulai list product, mulai cari tempat kulakan.

Alhamdulillah toko dibuka resmi kemarin tanggal 10 juni. Dikit demi dikit mulai datang customer. Mulai ada yang tanya lem, materai dst. Kami belajar nyambi jalan. Komputer abi juga diboyong ke toko. Basicnya yang desain akhirnya kita nambah lini jasa cetak sticker untuk onlineshop, cetak sertifikat, desain dll.

saya banyak menonton video tutorial di youtube, membaca aneka tulisan diblog dari mereka yang sudah mulai terlebih dahulu dan tentunya menganalisa barang apa saja yang harus kami stock. Yes, berikut beberapa barang yang kami mulai stock diawal-awal:

  1. Buku tulis, saya mulai berburu merk SIDU baik yang isi 38 lembar maupun 58 lembar. Tak lupa saya membeli juga buku tulis merk dibawahnya sebagai pilihan untuk konsumen yang ingin mendapatkan buku tulis dengan harga lebih murah.
  2. Alat tulis seperti pulpen, spidol, pensil, penggaris berbagai jenis dan semuanya mulai kita stock lebih dari 1 merk dengan pilihan berbagai harga.
  3. Aneka kertas seperti HVS untuk print dokumen, kertas polio bergaris, kertas buram dst.
  4. Aneka jenis lem dan merk mulai lem kertas, kayu, besi dll
  5. Aneka jenis lakban (untungnya sebelumnya sudah punya stock lakban dengan aneka jenis jadi untuk item ini kami hanya menambah sedikit saja)
  6. Aneka pelengkap dokumen seperti map, amplop, binder, refill binder dll. Yes, ini kebutuhan kantor dan kerja yang kami siapkan untuk customer
  7. Aneka jenis gunting dan cutter. Kami mulai stock gunting dengan 3 pilihan jenis, dan aneka jenis cutter dan refillnya
  8. Dan masih banyak lagi

Salah satu hikmahnya adalah bahwa saya tak perlu stock jenis-jenis diatas dengan stock lusinan atau puluhan tapi hanya stock 3-6 pcs per item barang, sungguh hemat luar biasa. Bagaimana saya kulakan barang-barang ini mungkin akan saya bahas via video youtube. Tentunya tips ini akan cocok untuk Anda yang ingin memulai bisnis ATK dengan modal yang belum banyak. Nyambi stock sedikit-sedikit plus analisa mana barang yang best seller lalu baru kita stock dalam jumlah besar.

Saya masih terus belajar. Kalau ngomongin bubble wrap kita bisa stock pakai truck, lakban bisa kardus, kalau ATK kita masih mulai. Semoga sebentar lagi bisa open grosir. Biar memudahkan semua orang terutama disekitar rumah. Percetakan juga mulai nambah dikit demi dikit. Dan kami juga buka jasa pembayaran aneka tagihan, token PLN dan pulsa. Uhuk…pokoe ini masuk ke dunia ritel deh.

Nyiapin ini buat ortu
Bismillah semoga dimudahkan

 

foto pexels

(Dilihat 139 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *