Tips Nabung Buat Persiapan Merit Alias Nikah

Menikah, memulai cerita baru dengan pasangan, dan diartikel ini saya mau berbagi cerita berdasarkan pengalaman merit tahun 2017. Bagaimana menyiapkan dana tabungan untuk jodoh yang tiba-tiba datang dalam sebulan. Diartikel ini juga ingin berbagi kisah beberapa sahabat yang galau karena “tuntutan” resepsi dari orangtua yang membuat sahabat saya harus memutar otak.

Yes, menikah adalah impian dari setiap jones syariah kaya saya. Dan berkat pengalaman jadi jones, jadi seksi heboh-heboh di akad dan resepsi para sahabat-sahabat terdahulu maka saya bisa mengurai kisah ini, bahwa menikah tidak sekedar akad dan resepsi tapi perlu biaya juga yang harus disiapkan oleh kedua belah pihak.

Nah, biaya apa aja yang akan kita butuhkan ?

  1. Biaya transportasi , ini berlaku buat kamu yang merantau atau mendapatkan rezeki jodoh beda kabupaten, propinsi, kota, pulau bahkan negara. Kamu juga harus ada budgeting buat menghitung berapa kali kamu PP mudik mengurus perintilan ini itu di kampung halaman. Ditambah budgeting buat keluarga kamu berkunjung ke kota calon istri/suami. Tentunya ada bensin atau sewa kendaraan. Hitung dan catat sekarang. Ini bisa 3-5jt karena saya dan calon suami beda kota dan propinsi.
  2. Baju, yes jaman pengalaman saya.. saya menyiapkan baju untuk akad plus walimahan. Saya tidak melakukan resepsi, karena ogah berdiri lama dipajang, dan untungnya calon suami menerima konsep nikah hanya akad dan walimahan saja. Budget yang saya keluarkan untuk baju berkisar 500rb-1jt (sudah termasuk beli sepatu cakepan dikit, underwear dan jilbab).
  3. Makeup, yes, pas nikahan kami saya makeup sendiri. Jujur karena di rumah agak susah mendapatkan perias pengantin yang tidak pakai cukur alis dan aneka prosesi ajaib lainnya. Daripada terjadi perdebatan, akhirnya saya borong makeup dan jauh-jauh hari sudah melatih diri untuk makeup ala kadarnya. Budget beli makeup, lulur dan perintilannya ini saja sampai 600ribuan plus plus.
  4. Catering, bersyukur karena tinggal di daerah, maka masih ada sistem sinoman (alias tetangga dan saudara membantu
  5. Souvenir, yes.. karena banyak tamu dan keluarga suami dari luar kota maka kami sediakan souvenir pernikahan plus oleh-oleh khas daerah dan dibungkus dalam goodie bag. Perkiraan budget bisa 1-2juta untuk 30-40 paket.
  6. Tenda dan kursi, tenda sederhana dan kursi ini menghabiskan budget sekitar 2-4jt
  7. Baju untuk keluarga, karena ingin memberikan yang terbaik dan sederhana maka kami menyediakan baju gamis putih dan koko untuk orangtua, budget sekitar 400-700ribu
  8. Biaya tak terduga, siapkan minimal 10-20% dari total budget untuk biaya tak terduga
  9. Biaya after menikah , pasti mau kan.. bulan madu, bersantai tapi uang tetap aman. Ga lucu, kalau abis nikah tapi kita mengandalkan biaya rumah tangga dari orangtua apalagi amplop dari para tamu. Support keluarga dan amplop itu adalah hadiah, bukan menjadi acuan, anggap saja seperti mendapatkan bonus akhir tahun.

Yes, ketika semua disiapkan pasti lebih tenang. Pelajari ilmunya, bertanya kepada orang yang tepat dan yang terpenting adalah bahwa menikah itu mudah, yang mahal itu gensi dan lifestyle kita. Sesuaikan dengan budget kamu dan pasanganmu, karena menikah itu baru permulaan, bukan akhir dari cerita sebuah rumah tangga.

Yes, sekian dulu coretan ala saya, semoga jadi manfaat.

 

foto pexels

(Dilihat 18 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *