Data for Life

Serunya Event Data For Life 2016 – Ketika Bisnis Lebih Simple dan Keren

Aplikasi, Cerita dan Inspirasi

Tanggal 30 dan 31 kemarin saya berkesempatan mengikuti event keren ini, ya event Data for Life 2016.  Event keren yang banyak diikuti oleh para penggiat digital marketing, perusahaan-perusahaan, dan expert baik dalam dan luar negeri. Untuk narasumber sendiri mayoritas dari luar. 

Event keren ini diselenggarakan oleh Mediatrac yang berubah nama menjadi DataBot dan Alpha JWC Ventures. Event ini benar benar memberikan saya dan team insight yang keren. Kami jadi tahu detail harus bagaimana dalam memanfaatkan teknologi, ujungnya apa dan buat apa ?

Profesi saya yang as Digital Marketing jadi punya tujuan jelas, sebagai contoh saya sering handle klien untuk Facebook ads nya, atau analisa untuk website nya. So far saya only target atau goalnya adalah selling closing dan sudah sampai itu saja. Tapi, setelah event Data For Life kemarin, saya jadi punya tujuan baru yaitu bagaimana saya menganalisa data, merumuskan strategi, dan akhirnya tahu harus apa setelah itu.

Data for Life
Data For Life 2016

Narasumber banyak membahas tentang manfaat dari data, sebagai contoh Sunita Kaur dari Spotify, dia mengulas dengan detail tentang bagaimana transformasi Spotify yang semakin personal dalam melayani pelanggannya. Spotify benar-benar memanjakan usernya dengan menyuguhkan music sesuai kebutuhan dan taste si user secara personal. Mereka memprogram sedemikian rupa sehingga spotify benar-benar “kita banget”. Lalu, pertanyaannya kok bisa mereka bisa melayani secara personal dan memberikan layanan music sesuai dengan genre yang kita sukai tanpa adanya interaksi atau semacam wawancara secara langsung. Nah, darisini jawabannya. Mereka mengolah data, mereka mengamati behaviour kita, mereka tahu kita suka musik apa, mendengarkan apa, kapan dst. Mereka benar-benar menganalisa data secara mendetail, dan inilah pola dari memanfaatkan DATA user untuk bisnis masing-masing. Benar-benar keren dan sadisss. Belum lagi ditambah dengan data yang mengatakan bahwa di Indonesia Bieber adalah artis yang benar-benar paling banyak dinikmati, so… if Bieber konser di Indonesia lagi bisa dijamin tiketnya bakal ludes terjual. Benar-benar spotify … kerennn dan kita banget.

Selanjutnya, ini yang bikin mata terbelalak… ya… di event ini juga membahas FUTURE CRIME, pola-pola kejahatan dimasa mendatang langsung dari narasumber yang keceh Marc GoodMan membahas tentang Hacker, Cybercrime, Personal Protection dll, benar-benar bikin menelan ludah karena keren dan berasa sedang di adegan televisi.

So, dari event ini saya bisa ambil kesimpulan bahwa data bisa membuat kehidupan kita lebih mudah, bisnis lebih terfokus, pelayanan lebih cepat dan tepat. Pemanfaatan data yang tepat akan memudahkan kita semua. Dan tentunya era DATA ini akan melahirkan banyak profesi baru seperti Data Scientist, Data Engineer, Dan Data administrator. Hmmm.. profesi baru yang bakal digandrungi dan dicari. Bisa membaca data dan tahu bagaiamana mengkoneksikan digital, aplikasi dan perilaku konsumen. Ah… dunia ini semakin menarik saja, semakin seru.

Terimakasih utnuk Pak Gabriel atas rekomendasi event ini, dan terimakasih untuk Data For Life 2016, benar-benar memberikan insight yang keren.

Data For Life 2016
                                       Serunya Event Data For Life 2016
Spotify for Indonesia
                                                                                                        Spotify
Perubahan Spotify
                                                                                 Spotify dari waktu ke waktu

 

 

(Dilihat 141 times, 1 visits today)

Leave a Reply