Profesi Ala Isah Kambali, Digital Marketing dan Traveling

Cerita dan Inspirasi

Menjalani proses yang kita banget itu menjadi harapan setiap orang. Melakukan hal yang kita suka dan dibayar pasti super menyenangkan. Ya, 3 tahun ini saya genap nyemplung di profesi Digital Marketing, dan dari profesi ini saya bisa keliling kota, dan beberapa negara. 

Serunya menjadi digital marketing dan traveller
Digital Marketing dan Traveling

Modal menulis, menganalisa, diskusi dan menggunakan kemampuan digital marketing ternyata menawarkan banyak hal baru. Saya menjadi trainer di beberapa lembaga, menjadi dosen pengajar di beberapa kampus, handle klien-klien yang sangat menginspirasi dan tentunya membantu bisnis mereka lebih keren di dunia Online. Tak cukup itu saja, saya juga menghandle kelas online via whatsapp dan media lain sampai 20 batch lebih dan sudah melahirkan lebih dari 1000 orang menjadi alumni (hmmm.. tidak menyangka sekali, step kecil ini membuahkan langkah besar).

Semuanya terlihat seru, tapi saya akan bongkar sedikit dapur ala saya, karena ini yang lebih seru, berikut beberapa to do list yang wajib saya kerjakan:

  1. Saya harus pintar-pintar mengatasi kebosanan karena aktivitas yang bersinggungan dengan laptop, gadget, tools dan seabrek job. Saat job menumpuk kami harus tetap waras mengerjakannya satu per satu dengan cara terbaik dan hasil terbaik.
  2. Saya harus modifikasi cara baru yang lebih mudah untuk klien atau pembaca webnya, termasuk anda disini. Saya harus memberikan suguhan konten yang manfaat dan tentunya mudah dipahami dan aplikatif. Kalau istilah saya, semoga bacaan santai ini dapat menjadi “cambuk” untuk bisnis anda semua.
  3. Harus banyak membaca, bulan ini tepatnya oktober saya sedang memaksa diri sendiri untuk membaca 10 buku tiap bulannya, hmm bukan buku tipis tapi buku yang minimal 70 lbr, bagaimana dengan memilih temanya ? Terkadang saya memilih buku tentang marketing, psikologi, IT, bisnis dan kadang juga memilih novel Tere Liye, Salim A fillah atau sekedar novel-novel dari jepang. Saya mix semuanya karena saya menghindari kebosanan dalam mempelajari hal yang sama secara berulang-ulang dan dalam waktu yang lama.
  4. Traveling around the world, saya akan mengagendakan satu kali perbulan untuk explore tempat baru dengan cara backpacker. Dalam bulan Oktober ini saya explore bandung (lebih tepatnya lembang, dan saya masih penasaran beberapa spot disana yang belum sempat saya jelajahi). Ini lumayan menarik karena bulan september saya baru 5 hari full explore Thailand, its wonderful. Kenapa saya memilih menjadi seorang backpacker, karena perjalanan yang dirancang sendiri ini lebih banyak menghasilkan INSIGHT untuk kepribadian saya dan bisnis juga. Saya suka bersinggungan dengan masyarakat lokal, makanan di tepi jalan, mengobrol santai tentang apa saja dan saya akan banyak mendapatkan hikmah dari diskusi-diskusi ringan dengan orang yang baru kita kenal. Ini seru pake bingit.
  5. Join seminar atau workshop, saya memberikan jatah 3-4 x perbulan untuk mempelajari hal baru, Yap.. ini penting banget untuk kelangsungan bisnis saya agar dapat melayani klien-klien dengan lebih baik lagi. Saya harus update sesering mungkin, dan inilah yang saya lakukan.
  6. Join Gathering dengan pebisnis atau praktisi, saya perlu update dari mereka tentang dunia bisnis yang terbaru. Dan tentunya ini cara mudah untuk tetap menjadi manusia, hihiii lupakan dulu tools dan coding web. Dan masih banyak cara lain untuk tetap “waras dan powerfull” seperti menonton film, pergi dengan teman, kopdar, atau pulang sebulan sekali bertemu dengan orangtua. So serunya.. dunia ala saya. Jangan anggap saya juga selalu high motivasi, hihihiii terkadang saya juga putus asa, capek dan kurang enak badan, dan disinilah malaikat-malaikat saya mulai keluar siap untuk support (ada keluarga, teman, sahabat, buku, film, dll yang siap mengkuatkan kita).

Ada sebuah target baru mendekati akhir-akhir tahun ini, hmmm.. saya masih mempelajari dan explore misalnya marketing, Big Data, Startegi Marketing and Selling, ingin belajar baking setelah membeli beberapa alat tempur, ingin belajar diving persiapan explore laut-laut indonesia.

Ya.. dunia digital marketing bagi saya tidak sekedar tools, algoritma, klien. Tapi lebih banyak bagaimana memberikan VALUE terbaik untuk orang lain dan yang lebih utama adalah saya sendiri. Menikmati passion dengan cara terbaik, bersyukur dengan sharing di kelas-kelas belajar, dan menikmati serta muhasabah dengan bentangan alam dari sang maha kuasa. Mau jadi Digital Marketing ala kami ? Hmmm… just do it, follow your passion.

(Dilihat 103 times, 1 visits today)

2 comments

Leave a Reply