Potensi Budidaya Pinang dan Aneka Manfaatnya

Pinang sendiri termasuk tumbuhan jenis palma dan tumbuhan ini memang monokotil atau berumah satu. Pinang (Areca catechu) memiliki batang lurus dan tinggi hingga 20-30 meter. Selain wilayah Jambi, pinang juga mulai jadi primadona di wilayah Sumatera Barat. Bahkan di Padangpariaman, pinang menjadi komoditi unggulan setelah kelapa dan coklat. Untuk budidayanya pun tidak jauh dengan budidaya pohon kelapa. Sebagai informasi untuk tahun 2018 saja ekspor dari komoditas biji pinang menyentuh angka 320.260 ton dan ini dari Jambi ke India dan Thailand.Dan biji pinang adalah ekspor nomor dua dibawah karet.

Pohon pinang yang kita kenal adalah biji pinang yang dulu sering dikunyah bersama daun sirih dan kapur enjet oleh para wanita dengan tujuan untuk mendapatkan gigi yang kuat. Tapi, ternyata tidak hanya itu penggunaan dan manfaatnya. Melainkan masih banyak lagi seperti:

  1. Sebagai pewarna alami
  2. Bermanfaat untuk kesehatan seperti: mengatasi masuk angin, mengatasi keluhan dipencernaan, dapat menghilangkan racun pada tubuh, menghilangkan bau tak sedap dimulut, membantu menyembuhkan stroke, meredakan gangguan kecemasan, mengeluarkan racun, dan digunakan sebagai obat relaksasi.
  3. Bermanfaat untuk kesuburan wanita seperti: menyehatkan rahim, meningkatkan nafsu makan, mengatasi keputihan,

Setelah kita mengetahui manfaatnya, selanjutnya kita akan mengetahui tentang bagaimana dan apa kelebihan budidaya pohon pinang. Berikut penjelasannya:

  1. Kelebihan dari segi budidaya adalah mudah dalam perawatan serta resiko gagal panenpun sangat kecil
  2. Dapat tumbuh dianeka macam iklim
  3. Tahan hama dan penyakit
  4. Sangat bagus jika dibudidaya di daerah tropis dan subtropis
  5. Cepat balik modal karena dalam jangka waktu 5 tahun sudah dapat dipanen, dan dengan perawatan yang tepat maka pohon pinang dapat berusia puluhan tahun

jual bibit pinang unggul

Dari banyaknya manfaat dari pohon pinang, kita juga harus tetap memperhatikan penggunaannya. Karena menurut World Health Organization (WHO) pinang juga bersifat karsinogen dimana jika pemakaian dalam waktu yang panjang dapat menyebabkan kanker mulut. Jadi, penggunaannya dalam jangka waktu yang panjang tetap harus dikonsultasikan dengan tim medis.

Dari sekian banyak kandungan dan manfaat dari pinang maka potensi budidaya pohon pinang ini sangat menggiurkan, Dan berikut alasan kenapa Anda harus memilih budidaya pinang ?

  1. Mudah dalam perawatan dan pohon pinang relatif tahan hama
  2. Cocok ditanam untuk wilayah tropis dan subtropis
  3. Pohon pinang mulai berbuah dari usia 4-8 tahun
  4. Menjadi komoditas andalan dan banyak peminatnya
  5. Dapat dijual dengan aneka jenis varian seperti: pinang iris koin, pinang belah bahkan pinang utuh.
  6. Cocok untuk market lokal (seperti kota Jakarta, Bekasi, Papua dan Manado) maupun untuk market luar negeri. Sedangkan pinang diluar negeri lebih dikenal dengan Betel Nut. Negara pengimpor pinang antara lain India, Srilangka, Bangladesh, Vietnam, Malaysia, Singapura dll seiring dengan naiknya tren minuman kesehatan yang menggunakan pinang sebagai bahan bakunya.

Dilihat dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa pinang memiliki potensi yang sangat besar baik untuk market lokal maupun luar. Jadi, untuk Anda yang ingin terjun ke bisnis budidaya pinang makin optimis dan Anda dapat mencari bibit pinang unggul yang terpercaya melalui BibitPinangUnggul.com atau WA 0852.8967.4014. Bibit unggulnya sudah melewati proses penyemaian dan disortir sehingga menghasilkan bibit yang unggul dan siap untuk ditanam. Selain Anda mendapatkan bibit unggul, Anda juga dapat berkonsultasi dengan tim Lentera Mantang untuk tips budidaya atau pemasaran yang tepat.

Mau budidaya pinang, percayakan bibit unggulnya bersama Lentera Mantang.

(Dilihat 14 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *