Perdana Ngulik Instagram Live Stories – Cerita Tentang Market Indonesia

Instagram, Uncategorized

Perdana ngulik instagram live stories – yap, ini gara-gara saya baru ngeh update aplikasi ini. Maklum kemarin agak hectic dengan job dan training di beberapa tempat. Alhasil pagi-pagi setelah minum air putih banyak, dengerin audio nya ust.nasrullah barulah saya ngulik lebih detail lagi.

Instagram Live stories update beberapa minggu yang lalu, inipun saya tahu dari mahasiswa saya (afra) pas kami liburan bareng di Dufan Ancol. Pas sesi makan malam, dia live langsung via instagram. Live ala afra adalah menyapa para teman-temannya sekalian update ngapain aja di Dufan dan makan apa aja (hehehe). Sudah tuh, momentum itupun lewat saja, saya ga dapat ide apapun. Tapi pagi ini efek baca Report dari We Are Socialnya singapore & Hootsuite bahwa instgaram nomor 3 di indonesia setelah youtube dan facebook, maka saya langsung mikir dan muter otak buat bikin strateginya.

Data inilah yang bikin saya mikir lebih detail :

Lihat deh, sosial media berubah, coba tebak siapa yang peringkat pertama ? Ya, bukanlagi facebook tapi youtube. Lalu peringkat ke tiga disusul oleh Instagram, Twitter, whatsapp, Google Plus, FB Messengers diikuti oleh LINE dan seterusnya. Artinya, jika kita adalah sebagai pengusaha atau profesional kita harus “nongol” di media-media atas. Kalau untuk media Youtube dan facebook saya sendiri tidak mengalami kendala, alhamdulillah konten-konten youtube baik bisnis maupun personal sudah banyak di halaman 1 Google. Tapi yang instagram sendiri saya agak males update, maklum karena hampir 80% klien saya dari Google, sedangkan instagram tidak dapat diindex oleh google dengan baik. Jadi, asumsi saya adalah bahwa di Instagram saya only have fun ga usah ngoyo nyari klien.

So, pas lihat data dibawah ini otomatis saya harus mulai evaluasi dan mikir ulang strategi marketing buat membangun Brand “IsahKambali” dan Brand Bisnis saya yang sedang on process. Sekarang, coba anda lihat dibawah ini, lihat datanya… apa yang anda pikirkan. Yap, benar.. suka ga suka kita harus terhubung dengan calon customer kita via media atau tools yang mereka gunakan.

data sosial media di indonesia 2017
Most Active Social Media Platform

Nah dan hasilnya dari ngulak ngulik data yang saya sebutkan tadi, maka saya akan mulai active menggunakan Instagram dan yang saya pilih adalah Instagram Live Stories, alasannya apa ? Alasannya adalah :

  1. Simple , karena basicnya saya suka ngomong, ex MC dan penyiar jadi ini lebih mudah. Cuma kendalanya adalah saya agak berisik dikit karena saking happy nya menemukan “mainan baru”selain itu juga karena super antusias jadi mesti saya buat timeline biar ga kabur kemana-mana bahasannya.
  2. Lebih mudah untuk dipahami, karena orang atau audience lebih mudah mendengarkan suara dibandingkan baca, apalagi saya tambahkan dengan konten dalam bentuk gambar.
  3. Membantu kita menginformasikan ke follower atau audience bahwa kita sedang mengerjakan project apa, menceritakan prosesnya, dan tentunya melibatkan mereka langsung dalam diskusi yang dua arah.
  4. Ini adalah salah satu alternatif strategi Branding untuk bisnis kita, dengan metode yang interaktif dan bisa dilihat dimanapun via mobile audience lebih merasakan sensasi yang berbeda dibandingkan via media lain misalnya artikel.
  5. Realtime dan Uptodate , nilai inilah yang membuat kita merasa harus full power, karena jangan sampe salah mengucapkan kata saat live seperti ini, hihiii kalau salah bisa berabe nanti. Jadi, perlu juga kita atur dengan baik dan tetap full power.
instagram Live
instagram live stories

Nah, menurut saya hal-hal diatas yang mendasari saya pribadi buat “main” instagram live stories, dan insyaallah saya akan rutin Live setiap senin dan kamis pukul 7.30 WIB bahas materi tentang digital marketing. Yap, itu adalah jadwal RESMInya, kalau jadwal LIVE yang ga resmi bisa kapanpun, maklum orang kreatif jadi kalau ada ide rasanya ga seru kalau tidak dituangkan dan diceritakan ya. Untuk yang mau gabung bisa follow instgram saya di @IsahKambali atau yang mau wa bisa di 083837060702, ups. saya juga punya jatah live siaran di Telegram di Group saya. Hihiii.. semoga ga bosen ya kalau mendengarkan suara saya, dan yang terlebih lagi semoga info dan tipsnya bermanfaat ya. Dan ingat juga buat share artikel ini kalau dirasa memberikan manfaat buatmu dan bisnismu ya… karena sayang kalau ada konten keceh tapi ga dishare. #asyikkk

OKe, so… Terimakasih semuanya … Keep Learning Keep Sharing 😀

(Dilihat 146 times, 1 visits today)

7 comments

Leave a Reply