Mudah Desain Presentasi dengan Menggunakan Aplikasi Canva

Aplikasi, Tutorial

Mudah desain presentasi dengan menggunakan aplikasi canva – artikel ini berdasarkan request pembaca web saya isah kambali dot com. Alhamdulillah banyak yang KEPO ingin tahu gmna caranya membuat presentasi yang cakep menggunakan CANVA

Yap, project ini saya mulai ketika saya diberikan amanah sebagai salah satu narasumber di event Youth Leadership Program dg Bank Indonesia , jadi saya mulai ngutak ngatik desainnya. Dan akhirnya saya putuskan untuk membuat presentasi saya menggunakan Canva.

Lalu bagaimana tutorialnya :

desain presentasi menggunakan canva
Desain menggunakan canva
  1. Buka Canva.com
  2. Lalu klik sign up
  3. Setelah anda berhasil sign up, anda akan melihat tutorial bagaimana menggunakan canva, ikuti saja tahapan ini. dan selanjutnya anda bisa memilih CREATE DESIGN
  4. Pilihlah bagian presentasi, dan saya pilih 16:9 (dibagian documentation)
  5. setelah itu anda tinggal pilih layout yang anda suka, saran saya adalah pilih layout lalu anda ganti warna backgroundnya. Untuk teknologi saya sarankan warna silver, biru, hitam, putih karena akan lebih terlihat elegan.
  6. Saya biasanya menghapus tulisan yang ada di layout, saya ganti dengan tulisan atau tema yang akan saya presentasikan. lalu setelah itu semua.. kita buat 15-25 desain, anda bisa download desainnya dengan cara = liat pojok kanan atas (klik DOWNLOAD – pilih JPEG – dan akan disarankan download dalam bentuk .rar, pilih itu lalu klik DOWNLOAD).
  7. Setelah itu, anda buka file rar dan extract, setelah extract selesai anda bisa copy satu persatu jpeg itu ke powerpoint anda.
  8. Copy satu persatu file dr rar yang sudah menjadi jpeg, copy ke powerpoint anda, susun sesuai materi powerpoint anda.

Yap, itu langkah sederhana… dan saya secara pribadi lebih suka untuk membuat desain kosongan di canva tanpa tulisan, hanya kebutuhan untuk background saja, saya buat sebanyak mungkin untuk prepare kalau saya mau buat materi presentasi lagi. Jadi background nya sudah siap, tinggal memasukkan konten tulisannya saja.

Jadi, dengan kata lain adalah kita membuat MASTER DESAIN nya terlebih dahulu. Misal buat master dengan dominasi warna biru, lalu buat dengan warna silver , begitu dan seterusnya. Lalu saya simpan master desain ini menggunakan nama file format 1, format 2, dst. Ketika tiba-tiba saya harus menyiapkan presentasi saya sudah siap sedia, lebih cepat dan efisien.

Nah, saya jatuh cinta dengan canva karena tidak hanya untuk desain presentasi tetapi juga untuk desain poster, desain untuk sosial media dll. Jadi, materi promo sosial media saya lebih terlihat cakep dan sedikit profesional padahal hanya dengan sentuhan tools gratis ini. Ya, tools ini gratis dan ada beberapa pilihan juga yang berbayar 1 dollar, so… feel free silahkan gunakan sesuai kebutuhan anda.

Oke, masih kepo.. apa saja yang bisa kita lakukan dengan CANVA, saya coba tuliskan ya…

  1. Social media
  2. Presentasi
  3. Poster
  4. Facebook Post
  5. Blog Graphic
  6. Sertifikat
  7. Flyer
  8. Kartu nama
  9. Label
  10. Logo
  11. Postcard dan masih banyak lagi

So, tools canva ini saya boleh bilang wajib diutak atik dan tentunya ini akan mempermudah kerjaan kita, karena hanya membutuhkan sinyal kuat dan ganti text saja. Ini mudah dan cepat. So, kira-kira makin mudah ga ? Ya, kalau makin mudah, bolehkan anda share artikel ini dan terimakasih karena sudah menemukan web saya, monggo untuk update dan info lainnya bisa terhubung di wa saya di 083837060702 a/n isahkambali. Semoga bermanfat tips menggunakan Canva untuk membuat desain presentasi, semoga semakin memudahkan pekerjaan anda.

So, keep learning and sharing.

 

 

(Dilihat 559 times, 2 visits today)

Leave a Reply