Mengoptimalkan Google Business / Google Maps untuk Bisnis Offline Anda

Tutorial

Happy 2017 dan sebentar lagi tahun 2018, ya.. kali ini saya akan share tentang salah satu yang sedang jadi mainan saya yaitu Google Business dalam hal ini yang lebih spesifik adalah Google Maps. Remember that saya bukan diendorse atau bintang iklannya Google, tapi saya mau share karena hal ini bermanfaat. Kita akan belajar bareng Bagaimana mengoptimalkan Google Business khususnya Google Maps.

 

google maps promo bekasi
google bisnis promobekasi.com

Google business khususnya dalam hal ini adalah Google maps bukanlah hal baru untuk kita, hampir setiap hari kita menggunakan peta ala dora ini untuk berbagai kebutuhan seperti: cari alamat, cek rute, cek suatu tempat, cek jam bukanya, cek nomor kontaknya sampai cek review nya (biasanya yang terakhir ini digunakan untuk mereka yang sedang butuh produk/jasa, dan ingin mengecek apakah ini fake atau bukan).

Back to Google maps, pasti banyak orang ingin bertanya bagaimana caranya membuat google maps ini ? mudah kah ? bayar berapa ? apa untuk bisnis saya yang kecil dan baru dibangun juga bisa menggunakannya ? dan seabreg pertanyaan yang lain. Dan saya akan jawab satu persatu.

Pertama, apa itu Google Business atau Google Bisnisku ?

Google bisnisku adalah salah satu produknya mbah Google yang membantu bisnis kita agar muncul di pencarian Google atau di maps nya Google.

Manfaatnya apa ?

  1. Sebagai alat branding anda, otomatis karena bisnis anda muncul di mesin pencarian plus peta , rute, foto dan reviewnya dll.
  2. Memudahkan pelanggan kita menemukan kita, karena disediakan bantuan “bagaimana” pelanggan kita menemukan kita, dan berkunjung ke tempat kita.
  3. Mendekatkan, ahay ini akan keliatan kalau calon pelanggan anda berada disekitar lokasi bisnis kita, karena kita muncul di peta alias maps.
  4. Local SEO atau mengoptimalkan mesin pencari, jadi ujung-ujungnya lebih mudah halaman 1 Google.
  5. Bisa interaksi dengan pelanggan kita, pelanggan kita dapat meninggalkan pertanyaan tentang bisnis/produk/jasa yang kita sediakan via komentar atau pertanyaan yang disediakan.
  6. Maksimal dan jelas karena terdapat foto-foto sehingga memudahkan pelanggan kita untuk tahu lebih jelas.
  7. Baik pelanggan atau pemilik bisnis dapat mengupload foto yang berhubungan dengan bisnis kita.
  8. Terdapat analytic atau anda mendapatkan laporan apakah pelanggan anda mencari via mesin pencari alias mbah google atau langsung klik alamat maps anda.
  9. Terdapat kolom Review, apkaah bintang 5 yang artinya suka atau sebaliknya, sekali lagi ini tergantung dari pelayanan bisnis anda dan ini penting binti wajib.
  10. Menampilkan info detail seperti jam buka , alamat website dll
  11. Kita dapat mengatur / manage akun bisnis kita alias google maps nya. Jadi ini bakalan mudah meski anda yang pemula.

Bayar atau Gratis ?

Jawabnya adalah Gratis, so.. wajib dicoba ya, kan gratis pake banget plus bisnis kita bisa muncul di halaman 1 Google

Apakah bisnis pemula atau yang masih kecil bisa join ? 

Jawabannya iya, toko kelontong pun bisa bergabung.

Lalu bagaimana cara membuatnya ? anda bisa mulai searching dengan kata kunci Google Bisnisku atau bisa bergabung di group beginner kami (ini free, asal sudah ada bisnis offlinenya dan mau praktek sesuai arahan kami)

Cara joinnya ?

bisa wa ke 0838387060702 langsung dengan saya isahkambali , nanti saya arahkan ke group Beginner. dalam satu bulan kami only buka satu kali (ini kelas FREE). Setelah Google bisnis anda atau google maps anda sudah diverifikasi, anda bisa lanjut ke level intermediate (ini juga gratis).

Kok, bisa gratis ? ini apaan ya.. ?

Ini beneran gratis, ini sekedar langkah kecil kami buat ajak teman-teman pembaca growth bareng.

Hmm, mbanya dapat uang darimana ? 

Ahay, terimakasih sudah care sama saya. Bisnis saya bikin web, admin sosmed, training, bikin artikel buat web, seo, privat dll. Kalau mau bisa jadi klien saya, nah.. ini baru urusan profesional ya.

____

oke, kalau tertarik monggo langsung chat wa ke saya di 083837060702 . Dan kita bikin diskusi bareng di group beginner

(Dilihat 389 times, 1 visits today)

One thought on “Mengoptimalkan Google Business / Google Maps untuk Bisnis Offline Anda

Leave a Reply