Mengenal Tentang ZMOT (Zero Moment Of Truth) ala Google

Download

Kali ini saya akan share tentang ZMOT ala Google. Jim Lecinski Dari Google yang pertama memperkenalkannya kepada khalayak umum. Saya terlebih dahulu mengucapkan terimakasih kepada mbak Siti Mukmainah yang mengenalkan saya tentang strategi ini, hihiii saya jadi jatuh cinta. ZMOT ini membuat saya makin tertarik untuk mempelajari psikologi para Netizen yaitu bagaimana Online Behaviournya, bagaimana mereka mengambil keputusan, produk apa yang mereka butuhkan, berapa lama mereka mencari pendapat tentang suatu produk dll. Oke, saya akan mulai membahas tentang ZMOT ini… apa sieh ZMOT… dan makhluk macam apa ini.

ZMOT (baca Z-Mot) atau Zero Moment Of Truth yaitu saat konsumen bertemu langsung dengan produk yang dia cari. Saat seseorang membutuhkan suatu “BARANG” dia akan mencarinya terlebih dahulu. Dia akan emnggali informasi sebanyak mungkin. Entah itu bertanya, membaca atau menelpon teman yang sudah merasakan “BARANG” tersebut. Sayangnya pada era sekarang kita lebih mudah untuk bertanya atau meluncur ke Google dibandingkan dengan bertanya atau sekedar berkunjung ke tempat yang menjual barang tersebut. So… dari tahapan rasa ingin memiliki “BARANG” tersebut dia akan meluncur ke Google.

Setelah calon konsumen mencari ke Google kemudian dia akan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin menyangkut “BARANG” tersebut, so…  mereka yang menjual produk yang relevan dg kebutuhan konsumen dan tampil di layar ghandphone/pc mereka..maka penjual tersebut memiliki peluang lebih besar untuk CLOSING. Iya… kalau halaman web/blog kita tampil..jika kita berada dihalaman 2 dan seterusnya bagaimana ? apalagi bagi mereka yang belum masuk ke online alias masih hidup di dunia offline otomatis tahapan ZMOT ini tidak mereka rasakan.

Setelah ZMOT kemudian akan terjadi 2 tahapan yang selanjutnya yaitu:

  1. FMOT (First Moment of Truth) adalah momen dimana konsumen melihat pertama kali produk yang diinginkannya di rak, chiller yang biasanya dapat kita jumpai di supermarket, hypermarket dll. Kita dapat membaca komposisinya, varian rasa, tanggal kadaluarsa atau bisa dikatakan kita sedang memegang “BARANG” tersebut.
  2. SMOT (Second Moment Of Truth) adalah moment dimana konsumen menggunakan “BARANG” tersebut. Seberapa besar value yang dia dapat. Apakah sesuai ekspetasinya atau sebaliknya.

Berikut Tahapan terjadinya proses ZMOT-FMOT-SMOT

ZMOT-FMOT-SMOT
ZMOT-FMOT-SMOT

So, apa penerapan untuk bisnis anda. Sekali lagi ini tentang Strategi, Branding dan Marketing. Tidak melulu tentang tools baik itu seo, backlink, sosmed dll. Ini mix dari dua sisi. Jadi, kalau boleh saya bilang si Mas Google bener-bener SMART. Mix dua metode ini yang hasilnya mempengaruhi terhadap FMOT dan SMOT.

Berikut ide saya untuk penerapan dari ZMOT:

  1. Buatlah Web/Blog yang berisi info, manfaat dan review yang berhubungan tentang bisnis anda. Misal jika bisnis anda adalah Gadget, maka buatlah website yang full berisi informasi, tips, review, opini tentang Gadget. Dan langkah ini akan saya sebut WEB BRANDING. Di web ini dilarang HardSelling.
  2. Buatlah juga web/blog yang berisi tentang produk anda, baik spesifikasi, harga, fitur, promo dll tentunya yang berhubungan dengan SELLING… dan langkah ini akan saya sebut dengan membuat WEB MARKETING ini seperti toko online anda.

Dan anda harus mengkombinasikan kedua jenis web tersebut dengan menambah nilai jual produk anda. Karena apa? baik branding ataupun marketing harus saling melengkapi..kerjanya barengan. Karen konsumen anda mempunya pola mencari informasi dan tips via google dan kita giring dia ke Web Branding, dan saat dia benar-benar mencari tentang harga, fitur, akan kita arahkan ke toko online anda (Web Marketing).

Apakah langkah ini efektif, tentu tidak… anda perlu memberikan sentuhan sedikit tools dimasing-masing website. yaitu link yang tertuju pada masing-masing web. Dan lebih elegan lagi jika link tersebut dalam bentuk Banner yang Cantik. Dan saya selalu bilang ini adalah cara jualan yang cantik, tidak melulu gelar dagangan dengan berteriak-teriak di Google tetapi anda juga memberikan manfaat ke konsumen (hihiii…kalau bahasa kerennya VALUE).

So…Berdasarkan pengalaman saya, konsumen-konsumen kami akhirnya tidak melulu hanya transaksi jual beli, tapi ada hubungan Human to Human… saling memberikan manfaat. Dan anda bisa menebak, produk/jasa anda akan mempunyai positioning yang OKE dimata mereka dan imbasnya mereka akan menjadi pasukan Marketing Freelance anda. Sibuk promo tentang layanan anda ke teman dan koleganya… Hihiii asyik kan. So.. silahkan dipraktekan… untuk diskusi monggo merapat di komentar atau japri saya di WA 083837060702.

Berikut link download ZMOT ala Google : www.SlideShare.Net/IsahKambali atau DISINI

(Dilihat 640 times, 1 visits today)

4 comments

Leave a Reply