kelas membuat blog cantik

Lika Liku Belajar dan Mengajar Kelas Online #BlogCantik

Training, Website

Lika liku belajar dan mengajar kelas online #BlogCantik – sekedar share dan bercerita apa yang saya rasakan dan amati dari kelas online yang saya adakan. Ya, kelas #BlogCantik ini sudah menginjak #Batch2 hampir 120 orang sudah belajar dan tentunya ini menjadi kelas online yang seru dan super menarik. Tapi, dari keseruan ini saya secara pribadi mesti membuat cara yang lebih mudah lagi dan super mudah untuk dipahami oleh para peserta. Sebagai gambaran peserta kelas online benar-benar super beragam, mulai dari domisili mereka, basic pengetahuan, tujuan join kelas online ini dan banyak hal yang menjadi perbedaan. 

Kita lihat dari segi domisili, ya ada yang dari jakarta, bogor, surabaya, aceh, dan indonesia timur lainnya. Otomatis ada yang dari WIB, WIT bahkan WITA. Perbedaan jam juga otomatis mempengaruhi energi dan penyerapan peserta. Saya benar-benar tahu sekali, apalagi perbedaan sinyal diantara kami. Mungkin bagi mereka yang wilayah kota kota besar kendala ini tidak terlalu berarti tapi bagi kota kota terpencil ini menjadi PR tersendiri.

Background peserta, ya… ada yang karyawan, PNS, pengusaha, mahasiswa bahkan ibu rumah tangga. Tentu pemahamannya super berbeda, background mereka mengetahui online juga pasti tidaklah sama.

Motivasi yang tidak seragam , ya… ada yang ingin bisnis online, ada yang ingin menambahkan keahlian, ada yang ingin di halaman 1 Google dan bahkan ada yang KEPO dengan pengajarnya alias saya. Benar-benar menjadi PR juga untuk saya.

belajar online bersama isah kambali
blog cantik batch 2

Nah, dari 3 hal tersebut saja kita sudah mendapatkan 3 perbedaan yang SERU, saya mesti punya strategi khusus agar mereka minimal mengetahui dan memahami materi yang saya share. Belum lagi kesibukan masing masing peserta, saya sedikit banyak berusaha memahami kendala mereka, ada yang sudah kelelahan, ada yang mulai dari NOL, mungkin juga ada yang gemes karena materinya bagi dia adalah super gampang. Tapi, saya mesti menjadi penengah bagi mereka. Saya harus tahu detail dan meminimalisir kesalahan.

So, kalau anda jadi saya… kira-kira adakah saran untuk menghandle semuanya. Yap, saya perlu insight yang mendalam. Saya punya beberapa rencana seperti mengajukan pertanyaan apakah mereka masuk kelas Basic, Medium atau lainnya. Saya harus mengajukan pertanyaan-pertanyaan sehingga materi yang mereka dapat benar-benar sesuai sasaran. Ya, itu adalah sebagian kecil ide saya.

Kelas online ini sendiri saya adakan di Group Whatsapp, saya pernah mencoba menggunakan tempat lain tapi masih ada beberapa hambatan, dan saya rasa so far tools ini insyaAllah akan efektif. Ya, ada opsi untuk memboyong group ini ke telegram, karena pertimbangan lebih ringan dan link2 materi lebih OKE.

Materi yang saya sampaikan menggunakan beberapa metode seperti : by chat / artikel, voice, gambar, PPT, dan PDF.

Dan ini adalah kelas online kesekian kalinya yang saya buat, ada materi Youtube Marketing, Google Plus, Artikel SEO, Internet Marketing Research, Blog Cantik dan WordPress Ganteng. Semuanya saya lakukan secara online dengan asumsi agar lebih banyak menjangkau mereka yang terkendala jarak dan jauh dari jakarta dan tetap update dengan perkembangan bisnis online dan segala tetek bengeknya.

Saya juga sengaja share materi-materi yang terupdate diluar bahasan utama tentunya bertujuan agar mereka mendapatkan insight. Jadi, mereka juga mendapatkan sudut pandang baru tentang bisnis online dan ini akan bermanfaat untuk memutuskan startegi apa yang tepat.

Yap, kelas #BlogCantik sudah 2 batch, dan saya akan buka lagi insyaAllah setelah lebaran 2017, karena saya pribadi harus update terlebih dahulu dengan materi-materi yang lain, jadi mesti masuk GOA dulu, mesti fokus belajar dulu. Sekalian saya mau fokus belajar ADSENSE lagi, ya.. belajar lagi dan tentunya handle pembuatan web/konten/digital marketing lainnya untuk para klien. Oke, so… ditunggu insight dan masukannya untuk kelas #BlogCantik selanjutnya.. silahkan tinggalkan komentar ya.. feel free.

Keep Learning and Sharing 😀

foto uptopromo.co.id

(Dilihat 119 times, 1 visits today)

6 comments

Leave a Reply