apa itu domain dam website

Kenal Lebih Dekat apa itu Domain dan Website ?

Website

Artikel kali ini saya ingin sedikit berbicara agak serius membahas tentang domain dan website ? Pasti pembaca bingung kenapa saya harus bahas 2 hal ini, Toh saya tahu istilahnya mba.. saya tahu itu penting kok, tapi kali ini saya mau share yang lebih penting dari sisi pengusaha alias pebisnis. Yuk, satu satu kita bahas.

1  Pengertian

Ketika kita membahas dari segi pengertian maka bisa dibilang banyak web atau portal yang sudah membahas ini lebih detail, yaitu bahwa:

Domain adalah alamat rumah kita, misalnya www.isahkambali.com , www.ibudigital.com dst , ya.. yang dimaksud domain adalah alamat tersebut, alamat rumah bisnis anda. Dan salah satu tips yang akan kita bahas adalah pilihlah nama domain yang mudah diucapkan dan mudah ditulis serta diingat oleh calon customer kita. Ketika namanya terlalu beribet, maka akan ada peluang terjadi typo atau salah ketik ketika customer kita akan meluncur ke website kita.

Hosting adalah luasan rumah kita, anda bis amemilih hosting yang mungil, yang luas atau yang super luas. Sesuaikan dengan kebutuhan anda. Hosting start dari 300 MB/tahun.

Website adalah Rumah kita , gimana mau membangun dan membesarkan website kalau domainnya / alamatnya saja belum ada ? Jadi, yang pertama dilakukan adalah beli dulu domain lalu bangun website nya. Lalu, apa tips kita ketika membangun website ? Pilihlah webiste yang mobile frienldy, kecepatan saat dibuka cepat, tema atau warna desain dapat disesuaikan dengan target konsumen dan bisnis kita.

2  Harga

Harga, untuk faktor ini harganya bervariasi, sekali lagi ini karena dunia jasa. Ada yang mulai dari ratusan ribu bahkan puluhan juta dan ini dapat ditentukan oleh portofolio, fitur dan layanan dari penyedia jasa yang kita pilih. Untuk harga domain ini biasanya tidak lebih dari 165rb rupiah per tahun, sedangkan untuk harga website sendiri lumayan bervariasi karena ada segi desain disana, yang pastinya berhubungan dengan art dan service. Jadi tipsnya, aktif-aktiflah cari tahu dan tentukan budget yang sesuai dengan kantong anda.

bikin website
Mudahnya beli domain dan buat website

3. Pembuatan

Ini yang sering bikin pembaca jadi bingung, karena banyak yang bertanya ke saya secara pribadi. Menurut saya ada 3 tipe pembuatan website yaitu membuat sendiri atau beli domain dan hostingnya sendiri lalu bikin webnya kepihak kedua (campuran) atau full dihandle oleh pihak kedua.

  • Membuat sendiri, anda dapat memulainya dengan membeli domain dan hosting sendiri misalnya seperti di layanan Hosting Indonesia  dan NiagaHoster yang menyediakan pembelian domain dan hosting dengan aneka pilihan. Lalu setelah itu anda juga mendesain website nya. Mintalah akses masuk ke website yang sudah dibeli di atas dan anda mulai mendesain sesuai dengan keinginan. Ini termasuk langkah super hemat, karena semua dihandle sendiri, tentunya anda harus mempunyai sedikit bekal pengetahuan tentang dunia website.
  • Campuran  anda membeli domain dan hosting sendiri, setelah itu berikan aksesnya ke pihak kedua, tugas pihak kedua adalah mendesain website anda. Enaknya, anda tahu secara detail apa itu domain dan hosting, sisanya serahkan kepihak kedua. Akan ada budget untuk mendelegasikan desain website kepihak kedua, pilihlah penyedia yang sesuai dengan karakter dan budget anda.
  • Full dihandle oleh pihak kedua, mau beli domain, beli hosting sampai bikin website semuanya diserahkan ke pihak kedua. Anda tinggal duduk manis menunggu website nya selesai dan cukup sediakan budget untuk payment nya.. (harga itu relatif, dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda)

4. Tahu kuncinya

Sebagai pengusaha atau pebisnis anda wajib tahu, tentang transaksi domain, hosting dan website ini. Berikut beberapa yang harus anda jadikan catatan

  • Beli dimana domain dan hosting anda, ini berhubungan dengan perpanjangan website anda. Ketika ingin memperpanjang, anda harus tahu aksesnya sehingga dapat melakukan proses ini.
  • Email dan password saat transaksi, terutama untuk domain. Disini dibutuhkan email dan password untuk melakukan transaksi ini.
  • Kapan expirednya, tanya ke karyawan atau penyedia website anda. Ketika sudah expired artinya anda tidak dapat mengakses website anda lagi

Nah, benarkan ? Banyak hal baru yang anda tahu sekarang. Nah, kalau anda merasakan manfaatnya cukup bagikan postingan ini ke sahabat/partner anda, feel free ya.. jadi makin kenal apa itu domain dan website.

  foto pexels

(Dilihat 27 times, 1 visits today)

Leave a Reply