Ini Dia Tips Membuat Rainbow Foam Untuk Sikecil

Dalam Masa Work From Home (WFH) ini Ibu dituntut untuk memberikan kegiatan yang menarik, kreatif dan tentunya edukatif. Nah, diartikel kali ini saya akan membahas bagaimana tips dan tutorial bagaimana cara membuat rainbow foam untuk sikecil. Mengisi WFH tidak sekedar mengerjakan tugas sekolah tapi juga Ibu mempunyai tugas melibatkan sikecil dengan aneka mainan edukatif yang seru dan salah satunya rainbow foam.
Nah, sebelum masuk ke tutorial bagaimana membuat rainbow foam, maka kita sebagai orangtua harus mengenal terlebih dahulu apa itu rainbow foam. Ya, rainbow foam adalah foam atau busa yang beraneka warna atau bisa kita sebut dengan busa pelangi.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat rainbow foam adalah sebagai berikut:
1. Sabun/detergen cair
2. Pewarna makanan, bisa menggunakan 3-5 pewarna makanan seperti merah, kuning, hijau, biru dll.
3. Air
4. Minyak esensial

Berikut tutorial membuat rainbow foam untuk sikecil:

  1. Siapkan sabun cair dan air dengan perbandingan 2:1. Lalu tuangkan sabun cair ke air yang sudah kita siapkan ke blender.
  2. Beri beberapa tetes pewarna makanan ke blender, dan blender campuran tersebut dengan kecepatan tinggi. Setelah beberapa saat maka cairan akan berubah menjadi foam atau busa. Lalu tuang ke wadah.
  3. Ulangi langkah diatas untuk warna-warna lainnya.
  4. Setelah itu Ibu dapat mencampur foam warna warni tersebut ke wadah yang lebih besar. Dan foam siap dimainkan oleh sikecil

Lalu manfaatnya apa melibatkan anak membuat rainbow foam ?

  1. Melatih sensor motorik sikecil. Sensor motorik ini terangsang ketika sikceil dilibatkan dalam menyiapkan peralatan yang akan digunakan dalam proses membuat rainbow foam. Dia juga akan menggunakan semua panca inderanya baik mendengar arahan, melakukan, mengamati bahkan bertanya akan banyak hal.
  2. Menambah kedekatan antara Ibu dan sikecil. Ini adalah saat yang tepat bagi seorang Ibu untuk menemani si kecil dan masuk ke dunianya. Dengan memainkan foam yang dibuat bersama akan menambah kekompakan.
  3. Sikecil belajar tentang ilmu pengetahuan alam, bahwa ketika sabun dicampur dengan air dan diaduk dengan kecepatan tinggi maka akan membentuk foam atau busa-busa. Dan akan berubah menjadi cairan lagi setelah beberapa waktu. Disini Ibu dapat mengenalkan perubahan bentuk sebuah zat.
  4. Melatih imajinasi sikecil, ajak sikecil untuk menyebutkan warna-warna yang dibuat dan libatkan dia untuk mulai menceritakan warna-warna tersebut yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Melatih kreatifitas sikecil. Jika program main bersama Ibu ini berhasil maka sikecil akan tertarik untuk berkreasi menggunakan alat dan bahan-bahan lain.

Tips selanjutnya adalah bahwa permainan ini harus dimainkan kurang lebih 20 menit setelah dibuat kalau lewat dari waktu tersebut maka foam akan kempes dan menjadi cairan seperti sediakala. Dan tentunya pastikan bahwa sabun / detergen yang digunakan aman untuk kulit sikecil. Nah, untuk mengatasi noda akibat memainkan rainbow foam, Ibu bisa menggunakan detergen yng recomended yaitu Rinso Anti Noda, noda dipakaian sikecil akan hilang tak berbekas.

Dan yang penting adalah tetap dampingi sikecil dalam memainkan rainbow foam, Ibu juga harus menjelaskan mana yang boleh dan yang tidak boleh secara detail kepada sikecil seperti memasang colokan blender harus hati-hati, bermain dengan detergen dan pewarna makanan juga harus dalam pengawasan Ibu atau orang dewasa. Dan tahapan ini akan melatih sikecil untuk mengetahui dan mengikuti arahan Ibu.

Nah, menarik dan bikin penasaran kan ? Pengen lebih tahu lagi tentang rainbow foam, Ibu dapat mengunjungi tips recomended tentang cara membuat rainbow foam .  Main seru saat WFH pasti bisa, bisa melakukannya, bisa dapat edukasinya dan makin dekat dengan sikecil.

(Dilihat 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *