Hal yang Harus diperhatikan Saat Melakukan Karantina di Rumah

Menyikapi adanya pandemi covid 19 pemerintah telah menetapkan masa karantina. Karantina dilakukan bagi para masyarakat yang bepergian ke luar kota atau luar daerah maupun berkontak langsung dengan orang yang telah ditetapkan positif covid 19. Kebiasaan masa karantina dilakukan selama 14 Hari untuk bisa memastikan bahwa diri seseorang benar-benar negatif dari positif Corona.

Pemerintah menekankan supaya para masyarakat selalu mewaspadai terhadap bahayanya virus nakal tersebut. Mewaspadai bukan berarti panik, terlebih lagi jika harus merasakan panik buying. Para masyarakat ada baiknya jika tetap menjaga kebersihan dan jaga jarak terhadap orang lain supaya penyebaran virus Corona dapat dihindarkan.

karantina bersama smartfren

Pada saat menjalankan karantina di rumah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya seperti berikut:
• Diri seseorang yang dicurigai terkena virus Corona maka diharuskan untuk menempati kamar yang mempunyai ventilasi baik.
• Harus tinggal di kamar tunggal artinya tidak diperbolehkan untuk menempati beberapa tempat tidur atau beberapa kamar.
• Harus mempertahankan jarak minimalnya 1 meter dari orang lain atau anggota keluarga yang ada di rumah.
• Sebaiknya minimalkan penggunaan pada ruang bersama terlebih dahulu.
• Jangan menggunakan peralatan makan yang sama sehingga alat makan yang digunakan harus sendiri-sendiri.
• Pastikan bahwa ruang bersama, misalnya seperti kamar mandi maupun dapur mempunyai sirkulasi atau ventilasi udara yang baik supaya tidak pengap.
• Penuhi minuman persediaan makanan maupun alat kebersihan diri secara mandiri. Sehingga tidak bergantian dengan anggota keluarga yang lain.
• Mempunyai perawatan medis yang memadai seperti obat-obatan, sehingga sediakan kotak P3K.

 

Karantina adalah pembatasan atau pemisahan kegiatan orang yang mengidap sakit Corona dengan orang lain supaya tidak terpapar penyakit menular tersebut. Masa karantina mempunyai tujuan supaya dapat melakukan pemantauan adanya gejala sekaligus mendeteksi dini pada penyakit korona sedini mungkin.

Supaya tidak merasa bosan selama masa karantina maka disarankan bagi para masyarakat yang sedang menjalankan karantina untuk memanfaatkan masa tersebut dengan cara melakukan hal yang positif. Misalnya saja dengan menjelajahi internet, belajar dari internet supaya memberikan dukungan dalam mengakses informasi positif melalui internet. Anda bisa menggunakan Smartfren, silahkan kunjungi www.smartfren.com untuk bisa berbagai informasi bermanfaat.

(Dilihat 22 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *