apakah perlu membeli tools marketing

Beli Tools atau Bagaimana ? #AskIsahKambali

Sosmed

Saya sering mendapatkan pertanyaan dari para member, teman-teman dan kolega di sosial media. Pertanyaan banyak muncul ketika ada launching tools baru, dan mereka ingin sekali atau lebih tepatnya penasaran “kira-kira bagaimana tanggapan mba isah tentang Tools A?”. Hmm pertanyaan yang mudah tapi bikin penasaran dan tentunya susah juga dijawab.

Saking seringnya pertanyaan ini, maka saya mesti membuat artikel yang mungkin bisa dijadikan gambaran sedikit tentang “What I Think” Atau “Sikap saya “, atau apa saja. Tapi yang pasti tanggapan dan opini based on kacamata saya yang artinya beda orang beda persepsi dan beda komentar.

Ketika ada pertanyaan, “Mba isah, apa tanggapan mbak tentang Tools A”, maka saya akan langsung balik bertanya ke penanya tersebut. Mbanya butuh tools itu ? Buat apa ? Bisa menggunakannya ? Need or Want ?

Ya… 4 pertanyaan inilah yang sering saya lontarkan, dan biasanya akan diakhiri dengan percakapan “Hmmm.. thanks you mbak isah, dan dia berlalu nyambi tetap memikirkan tools itu?”. Apakah pertanyaan saya terlalu to the point, apakah pertanyaan saya menandakan i dont like tools A itu ? Yap, anda bisa menyimpulkan sendiri sesuai penangkapan masing-masing. Yang ingin saya bingkai adalah bahwa sudah tahukah kita apa kebutuhan kita, apa kebutuhan bisnis kita, kalau sudah tahu, maka mengambil keputusan sangatlah mudah.

Bukan sekedar untuk BUY OR NOT tapi WANT OR NEEDS , dan PR selanjutnya saya pasti akan menyarankan untuk cek track record yang bersangkutan, cek after sales nya, cek timnya, dan cek bagaimana respon orang setelah membeli tools itu. Sebagai info, di dunia online marketing/internet marketing di Indonesia sangat beragam tools yang diluncurkan, hampir semuanya ada, dari yang gratis sampai yang berbayar, dari yang asli sampai bajakan, dari yang dipuji sampai yang di bully dan itu semuanya ada disini. So, sekedar diskusi jangan ikut gaduh, fokus saja dengan apa yang kita kerjakan, fokus dengan karya kita, fokus dengan target-target kita.

Dan saya pribadi selalu berusaha fokus dengan apa yang saya kerjakan, fokus dengan apa yang masih perlu diperbaiki, dan ini bukan saatnya gaduh, tapi saatnya berkarya.

Jadi intinya, saya akan menyarankan… If you need lets buy it, kalau tidak lets leave it. Make it simple..

selamat berkarya para pebisnis online, selamat mengukir bisnismu di ranah maya.. salam hormat saya. IsahKambali

Baca Juga:

Diskusi Seru dari facebook group tentang Saya 

 

(Dilihat 57 times, 1 visits today)

One thought on “Beli Tools atau Bagaimana ? #AskIsahKambali

Leave a Reply