Belajar Jualan Online di Marketplace ala Isah Kambali

Jualan Online, menjadi emak newbie didunia jualan online itu ada gurih-gurih, asem dan manisnya. Dari medio puasa sampe sekarang syawal berlalu. Dari bikin akun by googling, cek seo marketplace by video youtube, analisa kompetitor di Marketplace (MP) hijau dan orange. Makin penasaran, rasanya mulai nyoba top ads, mainkan iklan lalu akhirnya setor deh 100ribu buat latian dan pemanasa plus sambil jadi bahan analisa.

Saldo 100rb sekarang sisa 65rb, ga semuanya dipakai. Karena masih bisa running by organik, karena marginnya ga cukup buat ganti biaya klik iklan, karena masih kepo buat organik dan saya rasa masih banyak celah yg dipelajari.

Akhirnya
Di MP hijau pakai metode SEO ala web, pakai kata kunci, pakai rename file, pakai riset baik harga, deskripsi dan seterusnya. Setelah yes memutuskan untuk serius belajar MP maka jalan yang ditempuh adalah jadi power merchant. Berasa ngakak klo begini, dulu.. 2015 bisa tiap bulan ke gedung si ijo yang masih ruko 3 lantai seminggu 2x buat bahas community development mereka, masih ngebahas gimana caranya dapat seller asli manusia bukan mesin, bolak balik diskusi sama tim ijo buat bikin event yang dihadiri manusia. Dulu, di ruko 3 lantai itu. Saat tim si ijo masih lucu dan saya juga masih kurus.

jualan online di tokopedia

Waktu berlalu, saya makin montok dan tim si ijo udah bubar ke brand sebelah dan aneka industri tapi alhamdulillah komunikasi masih jalan terus. Dan perubahan yang drastis adalah, dulu kita semua kurus, unyu tapi sekarang montok. Dunia memang cepat berubah termasuk kami. Oke balik lagi ke jualan onlinenya. Sudah lumayan lama saya ga mempelajari hal baru, dan ketika hamil besar, WFH, plus puasa akhirnya ngulik belajar MP. 1 produk diupload kemudian dilanjutkan upload produk ke 2, 3 dst lalu verifikasi jadi power merchant. Ga ada 2 hari alhamdulillah ada orderan pertama dan saya girangnya minta ampun padahal marginnnya belum banyak, ya namanya jual produk brand ala jastip itu maka margin ambil secukupnya yang penting kuantiti dan repeatnya.

Yes, kegirangan
Norak, oh begini toh rasanya jualan laku. Begini toh rasanya nulis alamat, begini toh rasanya dapat resi, begini toh rasanya pecah telor badgenya. Dari badge yg pucat belum ada transaksi sekarang merangkak naik jd bronze 4 itu sesuatu buat saya. Dan dasar otak analisa

  1. Mulailah menganalisa badge
  2. Menganalisa mereka yg badge ya tinggi
  3. Menganalisa kira-kira bisa dibuat apalagi abis ini. Dan semuanya ternyata karena fitur transaksi dan lakunya produk kita. Semakin banyak produk yang laku maka semkain cepat naik badge kita. Semakin banyak produk yang digandrungi maka semakin tinggi transaksi dan begitu seterusnya. Ibarat x, y dan z. Semua akan saling terpaut. Itu baru badge. Dan mulai nemu pola postingan, kategori alais etalase toko, deskripsi, foto dll.

Next curcol mungkin akan bahas gimana caranya upload produk yang bisa muncul di pencarian MP si ijo, ya.. tentunya dg pola seo. Next bisa by tulisan atau by video, tergantung sikon bumil yang menunggu persalinan. Yang berharap hari ini mules lalu bukaan 4 dan lengkap.

Disamping ngurusin jualan online, bumil ini juga nulis artikel, sehari hajar 4 artikel sampe pantat pegel. 2 artikel dr MP biru, 2 artikel dr startup yang lagi kejar setoran. Eh.. ada 1 lagi, klien yang request artikel ttg news karena doi lagi nangun portal news.

Bumil ngebayangin, gimana lucunya dan serunya ketika jadi busui,apakah masih bisa nulis, jualan online, dan analisa konten klien ? Bismillah, kayae bisa… kan ada calon abi yg siap support diajak diskusi 24 jam. Dia bisa backup artikel, jualan, momong, masak bahkan pijat. Hahaha, dan ada tim penulis artikel yg standbye 24 jam siap dibriefing buat eksekusi tugas.

Yes kita bisa
Sedikit lagi .. jadi beneran Ibu digital
Ngurus anak dirumah, tapi karyanya global


Monggo di follow akun tokpednya (Cek Tokopedia kami di Toko Flat Shoes )
Ada ikea, informa dan alat packing


Ini banner MPnya pakai powerpoint
Dibuat simple..

(Dilihat 31 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *