Apakah UKM Harus Go Online, Apakah Costnya Tinggi ?

Konsultan Branding, Training

Pertanyaan tentang apakah UKM Indonesia harus go Online lumayan sering ditanyakan oleh pembaca website ini. Lalu, setelah pertanyaan tersebut meluncur selanjutnya adalah “Apakah Cost nya itu dapat dijangkau oleh UKM”. Berikut saya akan ulas tentang alasan mengapa UKM harus Go Online.

Menurut riset yang dijalankan McKinsey Global Institute ” UKM yang berjualan Online terbukti berkembang dua kali lebih cepat”, Sedangkan menurut Daniel Tumiwa dari idEA mengatakan jika UKM sudah mulai tumbuh dan berkembang, maka sektor pembayaran, logistik, otomatis akan mengikuti perkembangannya. Dengan UKM go Online maka cakupan target marketnya akan lebih luas, seluruh pelosok indonesia bahkan luar negeri bisa tersentuh. Tapi masalahnya akan timbul, bagaimana caranya agar jangkauan nya sangat luas?. Apakah harus membuka workshop di kota-kota besar, apakah harus membuka agen dan distributor yang nilai investasinya tidaklah sedikit. Oke, maka akan saya jawab, anda bisa menghemat cost investasi dengan menggunakan Internet Marketing. 

Apa itu internet marketing ? Kalau menurut saya, Internet Marketing atau IM adalah salah satu metode pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan media online yaitu internet. Apa saja media yang dapat kita manfaatkan ? Berikut contohnya:

  1. Sosial Media, dideretan sosmed ada facebook, twitter, instagram, path, dst.
  2. Blog atau Website baik yang FREE atau yang berbayar
  3. Video, disini ada youtube, vimeo dst
  4. Aplikasi di Android, ada BBM, WhatsApp, Line, dst

Dan masih banyak lagi yang dapat kita manfaatkan, lalu berapa budget untuk mencakup hal diatas. Budget adalah relatif, tapi untuk kebutuhan pulsa agar anda selalu terhubung dengan calon konsumen anda cukup merogoh uang 100-150rb perbulan atau hanya 5ribu perhari. Coba bandingkan dengan Cost atau investasi untuk membangun toko atau workshop.

Apakah online ini tepat, apakah pengguna laptop/pc di indonesia tinggi. Datanya anda dapat lihat dibawah ini:

Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia
Penetrasi Pengguna Internet di Indonesia

Okeh, data diatas mampu berbicara bahwa peluang online itu masih besar, dan bisa low budget. Jika anda belum bisa menggunakan jasa pihak lain, maka anda bisa memulai dengan mempelajari Internet Marketing. Anda bisa mulai mempelajari Facebook Marketing, Twitter, Blogspot (free) dan seterusnya. Ilmu yang tersaji di online juga banyak dan beragam. Anda hanya perlu aktif untuk praktek ilmu-ilmu yang anda pelajari. So, Jika anda ingin UKM anda Go Online itu sangat bisa dan mudah.

oh, ya… anda juga bisa bergabung dengan komunitas kami di Melek Internet, Komunitas ini spesial belajar ilmu internet marketing dengan bayar sesuai UMUR. Ya, jika umur atau usia anda adalah 23 tahun maka cukup bayar 23 ribu(terjangkau kan, dan super terjangkau). Cara daftarnya mudah CUKUP Klik JOIN di LINK INI (KLIK DISINI). Atau jika ada pertanyaan, silahkan untuk menghubungi WA 083837060702. Yuk.. saatnya UKM Indonesia Go Online denganBudget yang HEMAT. Semangat 😀

Baca Juga:

(Dilihat 292 times, 2 visits today)

Leave a Reply