pentingnya sebuah website perusahaan

Apakah Sebuah Perusahaan Harus Tahu Tentang Behind The Scene Website ?

Cerita dan Inspirasi, Konsultan Branding, Website

Apakah sebuah perusahaan harus tahu tentang behind the scene website nya ? – ya, satu bulan ini saya banyak mendapatkan telp dan WA dari beberapa manager bahkan director sebuah perusahaan. Bahasan yang sama yaitu “mbak, gimana yah website saya ? IT kami sudah keluar ? kok website kami tidak muncul di halaman 1 google ? kok ga ada progress dari website yang kami buat ?”.

Dan tentunya kami bertemu setelah diskusi membahas websitenya dan banyak hal yang mereka “ga ngeh”. Dan bahasan itu dimulai dengan pertanyaan sederhana:

“Menurut bapak , website ini penting kah ?”

“Kalau website ini ga ada, atau ga dimaintain, bagaimana ?”

“Bapak, tahu cara kerjanya… minimal gambaran kasarnya?”

Dan ternyata… rata-rata jawaban dari prolog diskusi ini adalah NO. Lalu pasti anda bertanya, “hmm, mba.. kami ini sudah sibuk, tidak mungkin kami handle semua hal!”. Maka akan saya jawab dengan cara sederhana, ya.. kita sebagai pengambil keputusan harus tahu “cara jalannya” dan tidak mesti menjadi “expertnya”. Cukup tahu “cara jalan website, cara seo google, google trend dll”. Tahu itu saja dulu dan monggo serahkan kepada para IT nya.

Harga yang lumayan mahal akan dibayar jika kita tidak tahu website perusahaan anda dibuat oleh siapa, beli domainnya dimana ? Kenapa … karena website itu perlu perpanjangan setahun sekali, dan anda tidak tahu website itu dibuat oleh siapa, beli domainnya dimana. Ya, kalau tim IT anda masih orang yang sama tapi bayangkan kalau IT anda sudah resign, nomor mereka tidak bisa dihubungi alhasil anda tidak bisa perpanjang webiste perusahaan karena terhambat dan tidak tahu caranya. Kira-kira berapa yang harus dikeluarkan untuk kasus seperti ini, yukk coba kita berhitung:

  1. Perpanjang website dan domain , ini bisa start 1juta keatas
  2. Biaya pergantian atau rebranding perusahaan karena website anda gagal diperpanjang, ganti kartu nama, baliho, kop surat, edukasi ke semua konsumen kalau website anda berubah… kira-kira biayanya berapa ? Yap, tergantung dari besar kecilnya perusahaan anda. Dan bayangkan jika perusahaan anda sudah dikenal public atau sudah memiliki cabang dimana-mana, kira-kira berapa biayanya ?
  3. Waktu yang anda habiskan untuk mulai desain dari nol dan menata ulang lagi semuanya, hmmm.. kira-kira berapa biayanya.

Yap, 3 point menurut saya dari “hal kecil” tentang website tapi efeknya lumayan besar. Para “decision maker” disebuah perusahaan tidaklah harus menjadi expert tentang website dan perintilannya, tapi alangkah baiknya mengerti jalur kerjanya, kelemahan dan kelebihannya, dan bagaimana membawa dunia online ini mampu membantu perkembangan bisnis anda.

Setelah anda membaca artikel ini yang asalnya adalah sebuah curhatan seorang mba-mba digital marketing maka saya harap anda sebagai owner bisnis akan tahu harus bagaimana, langkahnya, isu-isu terbaru bahkan menentukan strategi marketing yang terbaik untuk perkembangan bisnis anda. Ya, saya sangat berterimakasih kepada klien-klien dari berbagai bidang mulai fashion, kuliner hingga pipa dan gas yang menjadikan diskusi ini semakin menarik, dan tentunya saya sangat berharap artikel ini mampu memberikan insight untuk anda dan perusahaan.

Yap, ini adalah website saya pribadi, yang isinya lebih banyak ide dan opini serta update tentang dunia digital marketing baik untuk personal, ukm bahkan perusahaan. Dan tentunya feel free buat diskusi dan kita brainstorming bersama, anda bisa mangajak saya diskusi di WA 08383-7060-702 dan cukup mention sudah membaca artikel sederhana ini, dan semoga website ini memberikan manfaat untuk anda. So, apakah “perusahaan anda sudah tahu tentang behind the scene website perusahaan?”

terimakasih, Keep Learning and Sharing

foto : makealittleextra

(Dilihat 90 times, 1 visits today)

Leave a Reply