Branding UKM

Apakah Ketika UKM Melakukan Branding Dikira Sombong ?

Konsultan Branding

Branding.. hmm apa itu ? Ada yang bilang pencitraan ada yang bilang menginfokan, lalu ada yang pede ngomong kalau itua adalah sombong atau riya ?. Percaya diri sekali kita buat Branding Bisnis sendiri termasuk ownernya ?. Banyak yah.. pro dan kontra tentang Branding Untuk UKM ?.So, saya akan mengulas sedikit tentunya ala pendapat saya.

Branding menurut mba Amalia E Maulana (Brand Consultant & Ethnographer) Brand adalah merek yang dimiliki oleh perusahaan sedangkan branding adalah kumpulan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh perusahaan dalam rangka proses membangun dan membesarkan brand. Tanpa dilakukannya kegiatan komunikasi kepada konsumen yang disusun dan direncenakan dengan baik, maka sebuah merek tidak akan dikenal dan tidak mempunyai arti apa-apa bagi konsumen atau atrget konsumennya.

Sedangkan menurut Kevin Keller ” sebuah brand mencerminkan suatu produk, tetapi juga mempunyai dimensi lain yang mampu membedakannya dari produk yang lain dan didesain untuk memenuhi kebutuhan yang sama. Perbedaan ini bisa jadi rasional dan nyata, atau lebih simbolik, emosional, atau tidak terwujud. Oleh karenanya, sebuah produk yang branded atau bermerk bisa jadi adalah berupa produk fisik atau berbentuk fisik.

Dari dua pengertiannya diatas dapat disimpulkan bahwa Branding itu intinya PERLU, bukan sombong melainkan menginformasikan bahwa kita mempuyai produk ini, dan kita ownernya. Kelebihan produk ini adalah A, B, C, D. Jika kita menginformasikan ke calon konsumen otomatis mereka lebih ngeh, lebih respect, lebih tahu kenapa harus memilih kita bukan yang lain. Dari segi manfaatnya saya rasa.. Branding Is Penting alias perlu dan wajib. Lalu bagaimana dengan UKM ? Kalau perusahaan kan sudah otomatis ada dana khusus untuk aktifitas ini, bagaimana dengan kita ? Hihihiii.. laku ajah sudah alhamdulillah. Di UKM yang SDMnya masih terbatas tentu mau ga mau harus menggunakan tahapan ini dengan gaya ala sendiri. No Budgeting, kerja bakti.. kerja keras untuk memperkenalkan produk kita ke calon konsumen.

Lalu, bagaimaan tahapan kita memulainya… , Hmmm… kita bisa memulai dengan menggunakan beberapa tools gratis yang powerfull seperti di bawah ini:

1.Sosial Media

Ya…, sosial media seperti facebook, twitter, instagram, path, google plus, youtube dan lain-lainnya. Semua tools yang saya sebutkan adalah gratis.. mudah juga buat di optimasi. Caranya mulai dengan membuat nama akun sosial media ‘bisnis anda’.

2. Kartu nama

Ini juga low budget, dengan harga kisaran 20-30ribuan kita bisa memperkenalkan produk kita ke orang banyak yang kita temui.

3. Website atau blog

Anda bisa menggunakan website atau blog agar muncul juga dipencarian google, agar eksis. Misalnya, saat anda berbisnis baju lebaran, anda bisa mencantumkan kata kunci baju lebaran anda + merk anda. Ini juga ada yang gratis dan berbayar. Kalau yang gratis ada blogspot.

4. Pameran atau Bazaar

Apakah pameran atau bazar itu high budget, bisa iyah atau tidak. Bisa juga gratis, pintar-pintar untuk memilih dan mencari info tentang event yang murah meriah tapi tetep bisa eksis.

5. Join dengan komunitas yang berhubungan dengan bisnis kita

Mulailah join dengan komunitas yang berhubungan. Ikutlah event mereka baik online ataupun offline. mudah banget, dan biasanya join komunitas ini FREE.

Hmmm.. mudah kan.. Jadi, Apakah Branding Bisnismu juga termasuk Sombong… ?

(Dilihat 172 times, 1 visits today)

Leave a Reply