7 Tips tentang emas untuk pemula

Berbicara emas pasti bakalan seru. Nabung emas tidak hanya menjadi ranahnya emak-emak melainkan bapak-bapak, mas-mas bahkan yang masih duduk dibangku sekolah. Nah, diartikel kali ini saya akan membagikan tips tentang emas untuk pemula.

Berikut 7 tips tentang emas untuk pemula:

1. Emas itu kalau dibuat dana darurat oke. Dan tahapan ini sudah dilakukan jauh-jauh hari. Mencicil nabung 5 gram tiap berapa bulan lalu disimpan. Emas tidak bisa dibuat dana darurat kalau akan dipakai diakhir tahun, itu namanya nekat. Karena waktunya sudah berapa bulan lagi. Kalau emasnya dijual bisa jadi rugi, mending simpan cash aja.

2. Bisakah emas untuk dana pendidikan ? Bisa. Buat aja celengan tiap bulan misal 500rb, kalau sudah terkumpul seharga 5 gram barulah beli LM ditoko kesayangan Anda. Lakukan itu terus menerus, jangan nyesek kalau harga makin hari makin naik. Biasa aja, karena memang tujuannya saving.

Tapi sebelumnya survey dulu berapa biaya pendidikan disekolah/kampus dambaan. Cari tahu inflasi tiap tahun lalu hitung dan ditotal kemudian dibagi sama harga emas hari ini. Sudah dapat hasilnya, nah itu yang dijadikan target buat nabung emas.

Dapat uangnya darimana ? Bisa dari menyisihkan uang belanja atau mencari penghasilan tambahan. Tahapan menambah pemasukan lebih mudah dibandingkan menghemat pengeluaran.

3. Emas itu bukan investasi, dia cuma menjaga nilai mata uangmu hari ini biar aman dimasa mendatang (istilahnya hedging). Jadi bukan jenis investasi ya, kalau mau investasi bisa tuh dibelikan saham ANTAM yang memang syariah dan bisa datangin profit. Mumpung sekarang masih murah kisaran 800-an per lot. Punya uang 5juta bisa dapat sekitar 62 lot. Tapi investasi di saham syariah perlu skill jadi monggo bisa googling atau ikut pelatihannya. Namanya investasi bisa untung atau sebaliknya.

4. Kalau sudah punya emas, lalu simpan dimana ?
Emas itu kecil jadi bisa disimpan dimanapun. Bisa buat ganjel pintu, didekat buku atau sudut manapun bebas. Tapi kalau mau aman, bisa disimpan di SDB nya bank. Ada biaya tambahan. Bagaimana caranya kamu bisa googling atau liat tutorial di youtube.

5. Bagaimana cara jual emas ?
Jual emas paling mudah, karena memang sifat barangnya liquid alias gampang buat dicairkan. Bisa lari ke toko emas, ke butik Antam atau jual ke temen. Bebas, jadi jangan takut. Gampang

6. Pilih emas batangan / logam mulia atau perhiasan.
Kalau buat nabung, mending pakai logam mulia. Kalau dipakai karena suka desain dll silahkan pilih perhiasan. Tapi harga beli/jual perhiasan akan beda jauh sama logam mulia. Wajar karena ada biaya buat, penyusutan dll yang menyebabkan gram perhiasanmu menyusut.

7. Emas itu sifatnya pribadi
Jadi cuma kamu yang tahu berapa gram koleksimu, kecuali kamu share di sosmed berapa jumlah gramnya. Jadi, santai aja ya.

Itu 7 tips sederhana buat pemula yang mau nabung emas. Semoga manfaat
Dan seperti biasa, jika sudah jatuh nisobnya.. monggo tunaikan zakatnya.

foto freepik

(Dilihat 12 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *