7 Tips Semangat Puasa Saat Bulan Ramadhan Bersama Buah Hati tercinta

Bulan ramadhan sebentar lagi dan inilah saat yang ditunggu-tunggu. Saatnya kita semangat puasa bersama keluarga selama sebulan penuh. Nah, diartikel kali ini saya akan membahas bagaimana mengajak buah hati untuk antusias dan melatihnya ikut menjalankan ibadah puasa dengan semangat.

Putra-putri kita apalagi yang masih balita mungkin belum dikenakan kewajiban menjankan ibadah puasa, tapi sebagai orangtua kita mempunyai kewajiban untuk mengenalkan dan melatihnya sedikit demi sedikit. Bukankah hal baik harus dikenalkan sejak dini, karena belajar itu harus praktek meski sebagai orangtua kita sadar bahwa dia bisa jadi batal disiang bolong karena haus atau lapar tapi dengan memberi kepercayaan dan rasa tanggung jawab insyaallah buah hati kita akan siap dimasa mendatang.

semangat berpuasa bersama dancow fortigro

Nah berikut 7 tips agar buah hati semangat puasa:

  1. Ceritakan dan jelaskan kenapa kita harus berpuasa, sebagai seorang ibu kita harus menjelaskan alasan kenapa si kecil harus berpuasa, apa, bagaimana dan manfaatnya. Lakukan hal ini dengan menggunakan bahasa yang dia pahami. Ibu bisa menggunakan alat peraga baik boneka atau lainnya.
  2. Ajak sahur dan berbuka bersama, libatkan sikecil untuk sahur dan berbuka bersama. Hal ini pastinya akan meningkatkan antusias mereka untuk menjalani puasa pertamanya. Jauh-jauh hari sebelum ramadhan ibu sudah memberi gambaran informasi apa itu sahur dan berbuka puasa.
  3. Libatkan buah hati kita untuk menentukan menu sahur dan berbuka puasa. Ya, libatkan mereka untuk memilih menu favorit yang ingin disantap. Tapi Ibu harus ingat bahwa asupan gizi yang seimbang tetap menjadi acuan ya. Ibu bisa menambahkan minuman susu kesukaan mereka seperti Dancow Fortigro yang mengandung protein susu, kalsium dan vitamin D yang bermanfaat untuk tumbuh kembang dan mengkuatkan tulang-tulangnya dimasa pertumbuhan. Selain itu terdapat kandungan zat besi, vitamin B1, B2, dan B3 yang membantu konsentrasi dan daya ingat sikecil. Kandungan Zink, Vitamin A,C, dan E juga sangat bagus untuk menjaga kekebalan tubuh sikecil apalagi dimusim pandemi ini. Dan yang terakhir adalah Dancow Fortigro juga mengandung omega 6 dan minyak ikan yang bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Minum Dancow fortigro pastilah akan membuat sikecil makin bersemangat dalam menjalankan ibadah puasa.
  4. Jangan meletakkan makanan dan minuman yang mudah dijangkau mereka. Ya, ini lumayan penting loh misalnya dengan tidak menyimpan es atau air dingin, cemilan, kue di kulkas atau tempat penyimpanan makanan yang dapat dijangkau oleh sikecil. Tips sederhana ini lumayan efektif karena terkadang kalau sikecil sudah haus dan lapar maka dia akan membuka kulkas.
  5. Ajak melakukan kegiatan bersama dan hindari kegiatan yang menguras tenaga. Ibu bisa mengajak dia bermain dengan santai lalu selingi juga dengan tidur siang. Ya, tidur siang juga sangat penting untuk mereka agar masih bisa menyimpan energi hingga mampu menyelesaikan puasa sampai waktu maghrib tiba.
  6. Berikan ucapan selamat jika berhasil hari itu dan berikan hadiah diakhir sesi ramadhan. Ucapan sederhana ini sangatlah berarti untuk mereka. Apalagi ibu dan ayah kompak melakukannnya dan memberikan apresiasi atas usaha dan kerja keras mereka dalam mencoba berpuasa. Pelukan hangat dari keluarga sangat berarti untuk sikecil dan tentunya akan membekas hingga mereka dewasa. Andai sikecil belum berhasil menyelesaikan puasa hingga waktu maghrib tiba, ibu dan ayah tetap memberikan apresiasi dan motivasi bahwa besok bisa dicoba lagi dan insyaallah akan berhasil jika bersungguh-sungguh.
  7. Evaluasi, ibu harus mengevaluasi hasil kerja keras sikecil apakah dia sudah siap untuk berpuasa lagi atau diperlukan rehat sejenak. Pastikan mereka menikmati kegiatan berpuasa karena ini adalah bulan yang ditunggu-tunggu oleh setiap muslim.

Nah, demikian 7 tips yang wajib dicoba untuk buah hati tercinta dan pastikan sikecil menikmati setiap prosesnya, libatkan dia dalam setiap kegiatan dengan mempertimbangkan kesehatan dan moodnya. Dan untuk menjaga kesehatannya ibu dapat menyiapkan susu Dancow Fortigro saat sahur dan berbuka puasa. Badan sehat, puasa sikecil pun pasti makin semangat.

(Dilihat 24 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *